Mau ASI Melimpah, Yuk Jalankan Tips Ampuh Booster ASI Berikut

Siapa sih Bunda yang tidak mau ASI nya melimpah? Pastinya semua ibu ingin memberikan yang terbaik buat bayinya dengan cara memberikan asupan ASI sebaik mungkin.

ASI melimpah adalah dambaan setiap ibu. Bila ASI seret dan sedikit, lalu dedek bayi nampak tidak kenyang dan rewel terus, pasti sedih ya.

menyusui by sehatq.com
Jadi, banyak cara dilakukan para orang tua supaya ASI banyak. Dedek bayi pun kenyang. Bahkan, punya stok banyak pula untuk disimpan di dalam freezer. Supaya bisa menghendel situasi yang mungkin di luar dugaan. Seperti sewaktu-waktu ibu sakit, tiba-tiba ASI sedikit, ada kegiatan yang membuat ibu harus meninggalkan bayi dalam waktu lama, dan sebagainya.

Nah, apa saja ya tips Booster ASI supaya ASI banyak dan melimpah?

1. Susui Bayi Setiap 2 Jam atau Setiap Bayi Ingin
Tips ini adalah hal pertama yang paling harus kita ingat. Tidak jarang, seorang ibu justru merasa harus menahan diri menyusui bayi ketika merasa air susunya sedikit. Alasannya, nunggu banyak dulu.

Padahal, produksi ASI mengikuti prinsip suplay and demand. Jika ASI terus dikeluarkan dengan dihisap bayi maupun dipompa, maka produksi ASI akan ada lagi sesuai yang kebutuhan yang dikeluarkan. Hal ini karena ada perintah ke otak ibu untuk produksi air susu lagi setiap kali dikeluarkan.

Maka sangat wajar bila cara ini malah membuat produksi ASI bertambah.

2. Pompa ASI
Cara selanjutnya adalah memompa ASI. Sekalipun bayi sedang tidak menyusu, keluarkan ASI dengan cara dipompa.

rajin pompa ASI by hellosehat.com
Memompa ASI juga bisa dilakukan saat menyusui. Bila menyusui bayi dengan payudara kanan, maka pompa ASI sebelah kirinya.

Untuk mengantisipasi rasa pegal saat memompa, Bunda bisa gunakan pompa elektrik. Pompa ini memang lebih mahal, namun bila punya keinginan kuat untuk stok ASI, Bunda bisa usahakan membelinya seperti dengan cara menabung misalnya.

Pompa manual juga tidak apa-apa sebenarnya. Asal kita siap untuk telaten ya Bun.

3. Pijat Laktasi dan Kompres Payudara
pijat laktasi by papamama.id
Tidak hanya di hari-hari awal menyusui bayi. Kompres dan pijat Payudara juga baiknya dilakukan rutin terus menerus.

Treatmen pijatan dapat merelaksasi payudara agar lebih baik dalam produksi ASI.

Dilansir dari Hellosehat.com, pijat payudara atau pijat laktasi juga dapat melancarkan peredaran darah, mencegah nyeri payudara karena pembengkakan, infeksi, dan tentunya mengatasi penyumbatan yang mungkin terjadi.

3. Banyak Minum Air Putih
sering minum air putih by alodokter.com
Jangan lupa selalu sedia air putih dimanapun Anda busui berada. Ibu menyusui akan selalu merasa haus. Lagipula, ASI merupakan cairan yang tentunya untuk memproduksinya sangat butuh banyak asupan cairan. Terutama air putih.

Ibu menyusui bahkan disarankan minum air putih lebih banyak daripada orang biasa. Jika biasanya orang dianjurkan minum 8 gelas per hari, maka ibu menyusui harus minum setidaknya 10 hingga 12 gelas.

Dengan banyaknya asupan air putih, Busui terhindar dari dehidrasi, lemas, kekeringan di area mulut dan nyeri punggung dan pinggang. Selain itu, tentunya produksi ASI akan lebih banyak.

4. Konsumsi Makanan Booster ASI
makanan booster ASI by papamama.id
Ada banyak makanan yang dipercaya sebagai booster ASI. Namun, sebenarnya tiap orang bisa merasakan sendiri makanan mana yang cocok dan benar-benar terasa khasiatnya. Artinya, makanan-makanan booster ASI tertentu bisa efektif bagi sebagian orang tapi belum tentu bagi yang lainnya.

Bunda bisa mencoba semua atau salah satunya. Makanan Booster ASI yang terkenal di antaranya: sayur katuk, bayam, dan olahan biji-bijian seperti soya dan edamame.

Namun, saya sendiri malah bisa banyak ASI dengan buah-buahan yang tidak atau malah jarang disebutkan oleh banyak orang, yaitu buah naga.

Bahkan ada seorang youtuber yang berbagi tips Booster ASI bisa efektif malah dengan buah kurma. Nah lho...

Jadi, sebenarnya selain mencoba makanan booster ASI yang sudah bayak dikenal orang, Bunda juga bisa mengonsumsi makanan bergizi sebanyak mungkin. Supaya tidak bosan, bisa memvariasikan asupan makanan kaya nutrisi. Dengan begitu, ASI lebih berkualitas dan jika makanan booster ASI tertentu belum efektif, siapa tau akan efektif dengan makanan lain.

5. Jaga Hati dan Pikiran Agar Selalu Bahagia
ilustrasi bahagia by Pixabay
Banyak ibu menyusui yang memfokuskan Booster ASI melalui asupan makanan. Padahal seperti dilansir dari Doktersehat.com, produksi ASI juga dipengaruhi oleh kondisi psikologis sang ibu.

Rasa bahagia memicu hormon oksitosin dan hormon inilah yang dapat memperlancar ASI.

Perasaan bahagia memang tidak bisa dimiliki semua orang dan dirasakan setiap waktu. Namun, kita bisa mengontrol emosi dan pikiran supaya selalu positif menghadapi kondisi apapun. Dengan demikian, selain ASI lebih lancar, manfaat lain juga kita bisa merawat buah hati dengan maksimal.

Nah, itu dia tips Booster ASI supaya ASI Melimpah. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Komentar