Jangan Sepelekan Me Time Bagi Ibu, Manfaatnya Besar Lho...

MeTime adalah saat kita punya waktu sendiri tanpa gangguan lain, baik pekerjaan rumah, kantor, maupun hal lain. Tapi ada juga yang menganggap bahwa pekerjaan adalah me-time. Atau memeluk anak juga me-time. Setiap orang punya versi yang berbeda. Pokoknya segala hal yang melepas penat bisa dikatakan me-time.

Ibu Rumah Tangga (IRT) yang sejak bangun hingga tidur lagi terus disibukkan dengan kegiatan rumah, anak, dan suami perlu me-time. Bukan berarti egois. Istirahat adalah kebutuhan setiap orang. Termasuk bunda yang memiliki pekerjaan tiada henti di rumah.

Memaksakan diri terus melakukan tugas sebagai ibu dan istri juga ternyata tidak baik lho Bun. Seperti kata psikolog Anna Surti Ariani di health.liputan6.com, kondisi jiwa yang terus menerus beraktivitas ibarat air keruh, dan me-time bisa mendiamkannya sehingga menjadi jernih.

Kalau kondisi pikiran dan hati jernih, Bunda pun bisa lebih semangat melakukan peran Bunda kembali.

Sesuaikan Kegiatan Me-time dengan Kebutuhan dan Minat Bunda
Banyak hal yang bisa Bunda kerjakan dalam rangka melepas penat. Bisa melakukan hobi, sekedar bersenang-senang, atau relaksasi. Sesuai kebutuhan tentunya.

salah satu me-time adalah membaca by foreverymom.com
Bunda yang hobi membaca, bisa minta pengertian suami untuk meluangkan waktu sendiri. Bisa di malam hari setelah anak tertidur. Jadi, mohon paksu jangan minta layanan ini itu di waktu Bunda sedang me-time. Ada saatnya dong ayah minta dipijat, mungkin malam besoknya atau ketika Bunda sudah kembali refresh.

Kegiatan me-time juga bisa dengan meluangkan waktu merawat diri ke salon, melakukan spa. Selain bunda bisa fresh kembali, juga bisa menambah penampilan lebih segar dan cantik.

Selain merawat diri dan melakukan hobi, bisa lakukan hal lainnya yang tentunya bisa membuat Bunda lebih bahagia. Pikiran bisa refresh kembali dan semangat menjalani hari. Apapun itu selama bermanfaat dan baik untuk kesehatan fisik dan jiwa Bunda. Bahkan hanya sekedar tidur siang juga merupakan me-time yang baik kok.

Manfaat Me-time Tidak Hanya Buat Bunda, Tapi Juga Keluarga
Banyak orang setuju termasuk saya, bahwa kita akan sulit membahagiakan orang lain kalau kita sendiri tidak bahagia. Setuju?

Begitu pula me-time yang bisa membuat Bunda lebih bahagia, manfaatnya tidak hanya akan berdampak pada emosi Bunda tapi juga berpengaruh terhadap keluarga. Apa saja manfaatnya me-time bagi Bunda?

Pertama, Lebih Semangat Mengerjakan Pekerjaan Rumah
Jangan salah, ketika pikiran sudah fresh karena ada me-time setiap hari, Bunda jadi lebih sigap dan cepat dalam menyelesaikan pekerjaan rumah lho.

Ya, semangat yang telah kembali bisa menjadi energi yang membuat tubuh lebih baik dalam beraktivitas. Jati diri perempuan yang bisa multitasking muncul kembali. Selagi masak, bisa membuatkan anak susu, kopi panas untuk suami, sambil menyalakan mesin cuci. Hey, wonder woman is back.

Kedua, Menambah Hubungan Harmonis dengan Suami
Bila hati senang dan semangat, maka konflik akan jauh-jauh deh. Raut wajah sumringah bunda dan pikiran positif dapat membuat komunikasi dengan suami menjadi lebih sehat.

Bunda juga bisa lebih berpikir jernih jika gilirannya pasangan sedang kurang stabil emosinya. Mungkin karena pusing dengan pekerjaan, Bunda bisa hadapi dengan hati adem dan bahkan bisa menghibur suami. Bukankah itu keinginan ideal setiap pasangan?

Ketiga, Mampu Menjadi Ibu yang Baik
Menghadapi anak sangat butuh kesabaran tinggi. Khususnya hati yang selalu hangat dan penuh kasih sayang menanggapi setiap prilaku buah hati.

Bagaimana hal ini bisa tercipta bila bunda sering mengalami stres dan terlalu capek. Kondisi seperti itu sangat rentan dengan ledakan emosi dan anak menjadi sasaran. Setelah itu, Bunda hanya bisa menyesali kenapa bisa marah-marah kepada anak? Padahal yang bermasalah adalah diri bunda.

Tentu tidak mau kan jika anak dan suami kena dampaknya? Bunda juga pastinya tidak akan menikmati peran Bunda yang begitu mulia setiap harinya.

Jadi, mulai sekarang, jangan malu dan ragu untuk meluangkan me-time, ya Bun. Bunda bahagia, keluarga ikut harmonis.

Artikel Terkait

Komentar