8 Peralatan MPASI yang Harus Bunda Persiapkan

Tidak terasa ya, dedek bayi sudah mulai besar. Baru lahir, tahu-tahu sudah 3 bulan, lalu takkan terasa nanti masuk 6 bulan. Usia MPASI seperti yang telah ditetapkan WHO.

Bahkan, ada beberapa bayi yang sudah boleh MPASI di usia 4 bulan lho. Biasanya ini menurut rekomendasi dokter. Cirinya apabila timbangan berat badan dedek bayi menurun bukan karena masalah kesehatan. Ia mulai menunjukkan keinginan makan, tidak kenyang lagi dengan ASI. Selain itu, fisik si kecil yang sudah siap MPASI seperti leher yang sudah tegak, dan sebagainya.

bayi mulai makan by kumparan
Jika demikian, alangkah baiknya Bunda mulai menyiapkan peralatan MPASI buat si kecil sejak sekarang. Apa saja peralatannya?

#1 Food Maker Set
Food Maker Set
Alat yang satu ini terdiri dari parutan, perasan jeruk, kayu untuk menumbuk, saringan kawat, piring dan mangkok. Sudah komplit. Biasanya dijual di toko-toko online.

Food maker set bisa dibawa ke mana-mana. Biasanya peralatan ini digunakan untuk MPASI awal saat makanan si kecil berupa puree buah atau sayuran.

#2 Slow Cooker
Slow Cooker
Seperti namanya, slow cooker memasak makanan dengan suhu rendah sehingga akan menjaga nutrisi makanan. Alat ini recomended untuk membuat MPASI bayi 7 atau 8 bulan.

Karena durasi masak yang lama, biasanya orang memasukkan semua bahan MPASI sebelum tidur lalu sesudah bangun, semua sudah matang. Ya, karena masaknya yang lama, jadi cara ini lebih sering dipilih para Bunda.

Slow cooker merupakan alat masak postabel. Namun jangan khawatir karena alat ini menggunakan daya listrik yang rendah sehingga akan hemat pemakaiannya.

#3 Baby Food Processor
Baby Food Processor
Meskipun banyak Bunda menghaluskan MPASI dengan ditekan ke penyaringan kawat, namun food processor juga direkomendasikan. Terutama jika Bunda ingin praktis saat menghaluskan makanan si kecil.

Hanya saja, banyak testimoni yang menyampaikan bahwa tekstur hasil food processor lebih kasar dari blender.

Alasan alat ini recomended karena bentuknya kecil dan ringkas untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, ukurannya memang sesuai dengan porsi bayi.

#4 Baby Feedeing Set
Baby Feedeing Set
Satu set alat makan MPASI biasanya terdiri dari piring, mangkok, sendok dan garpu. Ada juga yang menambahkan dua jenis sendok (lembut dan agak keras) serta ada tambahan cangkir minum untuk bayi.

Jangan lupa, pilih merek yang BPA free standar sehingga jika masuk microwave tetap aman.

#5 Fresh Food Feeder
Fresh Food Feeder
Alat satu ini sebanarnya jarang didengar ya Bun. Namun, tetap penting mengingat masa MPASI juga anak diajarkan makan sendiri.

Caranya masukkan saja makanan seperti buah potong ke dalam Fresh Food Feeder, lalu biarkan si kecil memegangnya dan menghabiskan makanan yang kita masukkan ke dalam.

Fresh Food Feeder ada yang berbahan jaring ada pula yang berbahan silikon. Bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

#6 Squirt
Squirt
Squirt merupakan sendok makan yang dapat mempermudah Bunda saat memberikan makanan pada si kecil. Cukup masukkan seporsi MPASI ke dalam squirt, lalu saat hendak menyuapi si kecil, cukup tekan perlahan sehingga makanan menempati sendok bagian depan. Praktis kan?

Alat ini mungkin kurang melatih kemampuan makan si kecil. Tapi, seringkali Bunda dalam kondisi tertentu, Bunda mungkin harus menyuapi si kecil tanpa harus memegang mangkuk di tangan kiri dan sendok di tangan kanan. Misalnya seperti sedang di luar rumah.

#7 Celemek atau Soft Bibs
Soft Bibs
Baik celemek maupun soft bibs memiliki fungsi yang sama, yaitu menahan makanan yang jatuh saat menyuapi bayi.

Maklum, saat awal belajar makan, kotor akan menjadi hal biasa. Untuk meminimalisirnya, bisa gunakan celemek atau soft bibs yang bisa Bunda cari di berbegai toko baby shop atau toko online.
Soft bibs juga ada yang memiliki lengkung di bawahnya, sehingga makanan yang jatuh tidak langsung ke lantai dan bisa diambil lagi.

#8 Temnpat Duduk Bayi (High Chair)
High Chair
High chair sebenarnya hanya digunakan sebentar saat bayi belajar duduk untuk MPASI. Kalau mau, Bunda bisa beli. Namun, jika ada sewa high chair bisa nyewa saja Bun.

Mengapa alat satu ini penting? Karena momen makan akan lebih maksimal dengan cara duduk di atas tempat duduk si bayi itu sendiri. Beda dengan makan sambil digendong apalagi sambil bermain yang bisa menghilangkan esensi dari kegiatan makan itu sendiri.

Itu dia 8 Perlengkapan Wajib MPASI yang harus segera Bunda siapkan. 

Oh ya, satu lagi. Untuk alat masak MPASI, sebenarnya ada yang paling praktis yaitu baby puree food processor. Alat yang ada yang 4 in 1 bahkan ada yang 6 in 1 . Yang 4 in 1 terdiri dari fungsi mengukus, menghaluskan, chopping (untuk menghasilkan makanan yang lebih bertexture, dan mencairkan makanan beku.

baby puree yang harga 1,8 jt
Namun harganya lumayan tinggi berkisar antara 1 juta hingga 2 jutaan. Mengingat masa MPASI yang bertekstur lembut hingga tekstur kasar hanya sebentar, maka alat ini tidak saya masukkan ke dalam list. Hanya ditambahkan sebagai masukan di akhir tulisan saja.

Namun, jika masuk pertimbangan, bisa dicoba Bun. Praktis banget memang. Selain itu, bisa muat banyak pula. Nanti makanan yang telah diproses baby puree ini bisa dibekukan untuk makan si dedek bayi beberapa hari ke depan. Lalu dihangatkan lagi di alat ini saat mau makan. Praktis benget ya?

Artikel Terkait

Komentar