Buah Hati Bunda Susah Makan? Inilah 10 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak yang Dapat Bunda Praktekkan!

Anak kecil yang susah makan sudah pasti membuat Bunda khawatir akan perkembangan dan kesehatannya. Tidak jarang orang tua menjadi frustasi sendiri, bahkan menyerah.

Namun demikian, jangan khawatir Bun… Kondisi yang Bunda hadapi adalah hal lumrah. Itu sangat biasa namun memang tidak semua anak memiliki masalah susah makan.

gambar anak susah makan, penyebab nafsu makan menurun, agar anak mau makan, penambah nafsu makan balita, nafsu makan menurun, mengatasi anak susah makan, makanan penambah nafsu makan anak, penyebab anak susah makan dan cara mengatasinya, penyebab anak susah makan,
anak susah makan
Seperti dilansir dari Mother And Baby, bahwa perusahaan YouGov dari Inggris mendapati bahwa kondisi anak susah makan merupakan hal biasa. Bahkan di kehidupan sehari-hari di laingkungan kita, tidak jarang para orang tua mengalami masalah yang serupa ini.

Hasil survey kemudian menunjukkan bahwa 1 dari 4 orang tua bahkan sampai menyerah menghadapi anaknya yang sulit dalam mengonsumsi makanan sehat. Hal yang mengejutkan, hingga 68 persen dari mereka frustasi dan stres menghadapi situasi ini.

Meski begitu, jangan sampai ikut menyerah seperti kebanyakan orang ya Bun… Ada banyak cara mengatasi anak susah makan. Berikut ini 10 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak yang Dapat Bunda Praktekkan!

1. Hindari Mamaksa Anak
Rasa tidak sabar kadang membuat para orang tua memaksa si kecil untuk makan makanan yang dihidangkan. Padahal jalan paksaan tidak menambah nafsu makan anak. Justru malah membuat anak bertambah tidak menyukai makanan tersebut.

Sebaliknya, lakukan bujukan dan motivasi supaya anak tertarik dengan makanannya. Jika anak di usia yang sudah mengerti ucapan kita, bisa dengan mengatakan bahwa makanan ini banyak sekali vitamin, gizi, dan sebagainya. Tentu dengan bahasa yang dimengerti oleh buah hati. Misal dengan mengatakan bahwa makan ini membuat mata sehat, tubuh jadi kuat, dan si kecil bisa berlari kencang karena makan banyak dan sehat yang Bunda berikan.

Motivasi juga dibangun dengan memuji si kecil apabila ia berhasil menghabiskan makanannya. Ingat, tidak perlu menjanjikan imbalan ini itu sebagai reward ya Bun…

2. Memberikan Makanan Bervariasi dan Menarik
Makanan yang lebih bervariasi akan membuat anak tidak bosan. Selain itu, nutrisi yang dibutuhkan si kecil akan lebih tercukupi pula. Bunda dapat membuat jadwal variasi menu harian si kecil dalam seminggu.

Selain itu, sajian yang memiliki tampilan menarik juga biasanya menambah keinginan anak untuk makan. Bunda dapat menghias makanan menjadi bentuk kartun kesukaan buah hati, atau cara unik sesuai kreasi Bunda .

3. Membuat Jadwal Makan Rutin Setiap Hari
Sebagaimana hal lain, makan pun perlu disiplin. Hal ini sangat baik diterapkan kepada anak yang susah makan sejak dini. Jadwal makan dapat membantu pola makan anak hingga dewasa lho..

Misalnya anak beralasan tidak mau makan karena sedang bermain bersama teman-temannya di halaman. Namun, apabila saat itu adalah jam makan siang si kecil, Bunda dapat medapat dukungan bahwa saat itu adalah jadwal makan si kecil. Lambat laun, si kecil juga akan menaati jadwal tersebut sehingga ia tidak telat makan.

4. Memberikan Cemilan Sehat dan Lezat
Anak susah makan biasanya memiliki porsi makan yang sedikit. Hal ini membuat para Bunda khawatir buah hati tidak cukup nutrisi.

Bunda bisa mengakalinya dengan memberikan cemilan sehat dan lezat. Hal ini baik untuk menambah asupan menu makanan untuknya. Tentu, cemilan terbaik jika dibuat sendiri di rumah.

Bunda dapat menjamin kebersihan makanan yang diberikan kepada buah hati tentunya. Kandungan gizinya pun dapat bunda pastikan sendiri. Jika sesekali perlu cemilan dari luar, tentunya yang dapat Bunda yakini kesehatan dan produksinya sehingga cemila tersebut baik untuk buah hati.

5. Makan Sedikit Namun Sering
Ada banyak sekali anak kecil yang memang tidak bisa memenuhi porsi makan sesuai usianya. Ia tidak bisa menghabiskan makanan dalam jumlah ideal. Jangan khawatir. Hal ini bisa diakali dengan makan lebih sering dengan porsi sedikit sesuai kemampuan dan kemauan anak.

Bunda juga bisa akali dengan selingan variasi makanan lain setiap waktunya. Jika pagi ia sarapan nasi dalam jumlah kecil, dua atau tiga jam berikutnya berikan menu lain. Begitu seterusnya.

6. Usahakan Si Kecil Tidak Minum Banyak Menjelang Makan
Minum yang banyak mengurangi keinginan menghabiskan porsi makan dalam jumlah banyak. Jadi, usahakan agar si kecil jangan minum terlalu banyak menjelang makan apalagi di tengah-tengah makan. Terlebih lagi minuman manis, karena selain mengurangi nafsu makan, juga membuat si kecil kembung.

Apabila makan telah selesai, baru si kecil diperbolehkan minum sesuai keinginannya. Tentu di luar jam makan, si kecil sangat dianjurkan banyak minum ya Bun. Terutama air putih dan minuman sehat seperti susu dan jus buah.

7. Mengajak Anak Menyiapkan Makanannya, Kenapa Tidak?
Bunda juga bisa mengakali dengan mengajak si kecil menyiapkan menu sarapan atau bekal makannya. Tentu tugas yang mudah dan menyenagkan untuknya. Misal menghias makanan sesuai kreasinya.

Cara ini dapat membuat anak tertarik untuk mengonsumsi makanannya lho.

8. Pastikan Makanan Si Kecil Sehat dan Penuh Nutrisi
Keinginan membuat anak mau makan seringkali membuat para orang tua menyerah memberikan makanan sehat. Hal ini karena anak cenderung tertarik makanan tidak sehat, seperti junk food yang mungkin dijual di area play group atau sekolah anak.

Padahal, kualitas makanan sangat penting. Selain tujuan asupan makan terpenuhi, makanan sehat juga menghindarkan si kecil dari berbagai penyakit baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Malah ada beberapa makanan sehat yang juga dapat memicu nafsu makan anak lho. Dianaranya makanan mengandung zink seperti sayur daun hijau serta daging sapi, ikan dan ayam. Usahakan menu ini dikonsumsi buah hati supaya nafsu makannya menigkat.

9. Kuncinya Sabar Berproses
Masalah yang Bunda hadapi mengenai anak susah makan, adalah hal yang juga dialami banyak orang tua lainnya. Jadi Bunda tidak sendiri.

Hanya saja, sabar adalah kuncinya. Kadang orang tua lupa bahwa cara anak-anak makan tidak sama dengan orang dewasa yang mungkin sudah lancar mengunyah makanan. Orang dewasa juga bisa mencari dan menentukan sendiri makanan yang ia inginkan, sedangkan anak-anak tidak.

Menghadapi anak-anak, seringkali membutuhkan kesabaran. Baik menunggu si kecil mengunyah makanannya, membuat variasi menu, membujuk, hingga menemukan makanan apa saja yang akan menjadi kesukaannya. Semua butuh waktu. Jadi, sabar dalam memperbaiki pola makan si kecil ya Bun…

10. Konsultasi Ke Dokter, Apabila Nafsu Makan Anak Tak Kunjung Membaik
Apabila sudah berusaha dan si kecil tetap terus menolak makanan, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan nafsu makan anak menurun. Dengan begitu, dokter dapat memberikan solusi untuk permasalahan si kecil.

Nah, itu dia 10 Cara Mengatasi Anak Susah Makan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Komentar