Berikut Ini, 5 Wanita Berhijab dengan Profesi Menantang


Apa yang kita pikirkan tentang wanita berhijab? Pasti kesan pertama ketika melihat wanita berhijab adalah perempuan yang lembutdan anggun. Jika bicara soal pekerjaan, pasti dikaitkan dengan pekerjaan yang memancarkan kelembutannya dong.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk para wanita berhijab berikut ini lho..
Walaupun dengan balutan hijab, namun tidak menutupi kekuatan yang mereka miliki. Mereka mampu bekerja profesional dengan profesi yang tidak biasa. Siapa sajakah mereka? Berikut ini 5 Wanita Berhijab dengan Profesi Menantang

1. Fizzy Idrus, Pilot
Fizzy Idrus Pilot, pilot wanita, pilot wanita fizzy idrus, pilot wanita berjilbab, pilot wanita berhijab, pilot cantik, pilot cantik malaysia, NoorHafizah Mohd Idrus, syarat menjadi pilot wanita  baju pilot anak perempuan
Fizzy Idrus, source Suarahati

Yang Pertama, ada Fizzy Idrus dengan profesi Pilot. Fizzy Idrus memiliki nama lengkap NoorHafizah Mohd Idrus.

Ia merupakan pilot maskapai penerbangan Air Asia. Di maskapai tempat bekerjanya, Fizzy Idrus menjabat sebagai Senior First Officer (Capt). Ia bergabung sejak tahun 2006. Tugas sehari-harinya adalah mengemudikan pesawat airbus AirAsia Malaysia (Air Asia X).

Kehadiran Fizzy ini di dunia penerbangan langsung mendapat sorotan. Ia ramai di perbincangkan di sosial media. Terlebih, selain berhijab, pilot cantik ini masih muda, pangkat cukup tinggi pula.
Seperti dilansir dream.co.id, Dara kelahiran Taiping, Perak, 21 September 1984 ini sejak kecil memiliki impian menjadi seorang pilot. Ia kemudian masuk Akademi Penerbangan Malaysia pada 2006.

Awal mula karir pilot Fizzy karena tertarik bekerja di Air Asia saat melihat iklan lowongan pilot di televisi. Nah, tanpa sepengetahuan keluarganya, ia coba melamar. Siapa sangka, berkat kemampuannya iapun diterima.

Kisah Fizzy ini kemudian menjadi inspirasi bagi banyak remaja wanita. Banyak netizen yang memujinya bukan karena cantik semata, tapi juga cerdas dan yang paling utama, ia tidak pernah tinggalkan salat lima waktu.

2. Ayesha Farooq, Pilot Pesawat Tempur
pilot wanita, pilot wanita ayesha farooq, pilot wanita berjilbab, pilot wanita berhijab, pilot cantik, syarat menjadi pilot wanita  baju pilot anak perempuan, pilot pesawat tempur, pilot pesawat tempur wanita
Ayesha Farooq, source Telegraph

Masih profesi pilot, ada Letnan Ayesha Faroog. Bedanya Ayesha merupakan wanita pertama di Pakistan yang mengendarai pesawat tempur. Wow, keren!

Wanita berjilbab dengan profesi langka ini berasal dari Kota Bhawalpur, di daerah Punjab. Kecantikannya yang dibalut jilbab ini mengundang reaksi banyak nitizen. Terlebih lagi dengan profesi yang mungkin bahkan juga dihindari oleh banyak kaum pria.

Ayesha Faroog merupakan wanita yang menjadi pilot pertama di Pakistan lho... Ia juga merupakan perempuan pertama yang telah lulus ujian akhir dan memenuhi syarat untuk menerbangkan pesawat tempur di Angkatan Udara Pakistan.

Ayesha adalah satu dari 19 perempuan yang mengabdi di Angkatan Udara Pakistan pada dekade terakhir ini. Namun yang membuatnya semakin hebat adalah karena hanya dia yang boleh maju bertempur.

Profesi ini terbilang sangat menantang karena bertaruh dengan nyawa. Bagaimana tidak, karena akan selalu berhadapan dengan terorisme serta permasalahan geografis.

Awalnya Ayesha sempat tidak diperbolehkan oleh sang Ibu untuk melakoni profesi ini. Namun karena tekadnya yang kuat, akhirnya Ayesha berhasil membuktikan bahwa dirinya mampu melakukan pekerjaan tersebut.

Kesuksesan Ayesha Farooq menjadi pilot pesawat tempur seolah menjadi harapan tersendiri di negerinya Pakistan. Konon di negara tersebut masih memiliki bias gender yang cukup besar lho... Bahkan meski negeri tersebut sudah memiliki beberapa pimpinan perempuan di tingkat nasional, namun diskriminasi serta pelanggaran hukum masih terjadi terhadap kaum perempuan.

Dengan hadirnya sosok Ayesha Farooq, diharapkan akan muncul lebih banyak perempuan Pakistan yang bisa mendobrak norma sosial yang ada di sana. Misalnya dengan adanya peran yang di luar stereotip keperempuanan. Semoga tubuh lebih banyak sosok Ayesha di negeri Pakistan ya...

3. Tahani Amer, Pegawai NASA
Tahani Amer, NASA, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, pegawai NASA, NASA perempuan, pegawai NASA wanita, pegawai NASA berhijab, pegawai NASA berjilbab
Tahani Amer, source NASA

Selanjutnya, ada Tahani Amer, wanita berhijab pertama yang bekerja di Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA. Kehadirannya di NASA ini menjadi pemandangan indah yang membuat banyak muslim terkagum-kagum.

Sosok Tahani Amer juga dipercayai menjadi salah satu wanita yang mampu menginspirasi wanita lain pada bidang tersebut.

Awalnya Tahani ingin masuk sekolah kedokteran di Kairo. Namun jalan hidup mengubah haluan cita-citanya. Wanita yang memilih menikah ketika berusia 17 tahun ini memutuskan pindah ke Amerika Serikat. Di sanalah awal dari perjuangannya dimulai.

Kecintaannya kepada palajaran Matematika membuatnya memilih jurusan teknik. Ia juga percaya bahwa jurusan tersebut akan membawanya ke masa depan yang lebih baik. Tahani memulai karirnya di NASA pada tahun 1992.

Selain aktivitasnya di NASA, ia juga aktif di masjid untuk mengajar ilmu agama lho.. Ia juga sering mengajar anak-anak di Amerika Serikat untuk mengaji. Hal ini ia lakoni terutama sejak serangan 11 September yang meluluhlantahkan gedung WTC & Pentagon. Ia ikut serta memberi pemahaman tentang islam di komunitasnya.

Kesibukannya sebagai istri sekaligus ibu, tidak menyurutkan semangatnya menjalani profesi serta kegiatannya ini lho....

Nah, Ibu cantik ini juga ternyata memiliki tiga prinsip hidup yang bisa kita ambil pelajaran. Prinsip pertama, “melayani Tuhan maka Anda melayani semua makhluk.” Prinsip itulah yang membuatnya betah bekerja di NASA. Prinsip kedua“Pendidikan adalah kunci yang membuka peluang”. Prinsip ini merupakan salah satu alasan mengapa ia mampu meraih gelar sarjana, master, serta gelar doktor meski harus disibukkan oleh urusan rumah tangga seperti mengurus anak dan suami. Perinsip ketiga, Berusaha melayani orang lain dengan welas asih dan kebaikan. Itulah sebabnya mengapa ia masih aktif di masjid untuk berbagi ilmu-ilmu yang ia miliki sampai saat ini.

Maka dari itu, ilmuwan berhijab yang satu ini memang layak menjadi inspirasi dan panutan ya...

4. Chahida Chekkafi, Wasit Sepakbola
Chahida Chekkafi, wasit Chahida Chekkafi, wasit sepakbola Chahida Chekkafi, wasit wanita, wasit sepakbola wanita, piala dunia wanita FIFA
Chahida Chekkafi, source Indosport

Mungkin jadi hal biasa apabila ada perempuan menjadi wasit pertandingan sepakbola. Namun bagaimana jika wasit di lapangan hijau tampil dengan menggunakan hijab? Tentu menjadi pemandangan yang tidak biasa yaa..

Chahida Chekkafi, seorang wanita asal Maroko ini merupakan wanita berhijab pertama yang menjadi wasit pertandingan sepakbola pria lho. Profesi ini ia jalani sejak berusia 16 tahun, kemudian menjadi wasit untuk liga sepakbola Italia bagi pemain muda.

Karirnya dimulai sejak Chahida mendapatkan kepercayaan dari Komite Wasit Italia untuk memimpin laga tingkat junior di Italia. Saat menjalani tugasnya, wanita dengan wajah cantik dan lembut itu bisa dengan tegas memberikan kartu merah bagi siapa saja yang melakukan pelanggaran.

Berbicara mengenai tempat tinggal, Chahida Chekkafi tinggal dan besar di Italia. Gadis ini bisa akrab dengan sepakbola karena sang ibu adalah pemain sepakbola di Maroko.

Chadida merupakan wasit yang berprestasi dalam karirnya. Atas prestasi yang ia capai, koran Italia yaitu Corriere Della Sera memasang wajah Chahida di sampul paling depan. Sebagaimana dituturkan oleh Presiden Komite Wasit di Milan, menyebut Chahida Chekkafi sebagai wanita yang memiliki bakat. Chahida tahu betul cara mewujudkan impiannya.

Wah, Chadida sangat menginspirasi buat kaum wanita ya!

5. Bripda Nina Oktaviana, Penembak Jitu
Bripda Nina Oktaviana, penembak jitu, penembak jitu wanita, penembak jitu cantik, Wanteror Gegana Brimob Polda Aceh, Wanteror Gegana, Brimob Polda Aceh, pasukan organik perlawanan terorisme, wanteror
Bripda Nina Oktaviana, sorce Tribunnews
Jika sebelumnya membahas wanita-wanita hebat dari mancanegara, ada juga Bripda Nina Oktaviana dari Indonesia! Yaps, Bripda Nina Oktaviana ini adalah seorang penembak jitu. Profesi yang tidak biasa khususnya bagi kaum wanita. Dan yang lebih mengesankan adalah karena ia berhijab.

Wanita berjilbab dengan paras cantik ini berprofesi sebagai penembak jitu dari anggota pasukan Wanteror Gegana Brimob Polda Aceh.

Profesi yang berhubungan dengan yang berbau senjata biasanya dihindari oleh para wanita. Bahkan sebagian pria juga mungkin menghindarinya. Namun, wanita yang lahir 23 Oktober 1993 ini ternyata bisa membuktikan bahwa ia pantas dan bisa berada di posisi tersebut.

Bripda Nina ini bergabung dengan unit Brimob Polda Aceh sejak Juli 2014 lalu. Ia tergabung sebagai anggota pasukan organik perlawanan terorisme (Wanteror) yang didominasi kaum pria.

Awalnya, ia sempat diragukan oleh komandan kesatuannya karena parasnya yang cantik, lembut, dan berhijab. Namun ternyata saat memegang senapan, ia memiliki kemampuan hebat dalam hal menembak. Ia juga gesit saat beraksi di lapangan. Wow luar biasa!

Tergabung bersama pasukan Wanteror bukanlah hal yang begitu mudah. Profesi ini berhubungan dengan aksi-aksi teror yang beresiko meregang nyawa dan aksi Bom yang harus dihadapi oleh Nina. Namun, ternyata tidak membuat kedua orangtuanya begitu mempermasalahkan.

Bahkan, wanita yang memang memiliki cita-cita menjadi anggota brimob ini telah mendapat dukungan besar dari keluarga besarnya. Sebagaimana dilansir dari Tribunnews.com, Bripda Nina mengatakan bahwa Ayah dan Ibunya tidak mempermasalahkan pilihan karirnya ini. Bahkan selalu mendukungnya. Wah Salut deh dengan Bripda Nina dan keluarganya!

Semoga menginspirasi buat kaum hawa yang memiliki cita-cita seperti Bripda Nina ini. Juga, semoga kehadiran 5 Wanita Berhijab dengan Profesi Menantang ini dapat mengubah mindset kita. Wanita jika memiliki potensi, why not? Dunia harus mengapresiasi dong ya...

Artikel Terkait

Komentar