Ini Dia, 5 Keutamaan Kuliah S2 yang Perlu Kamu Ketahui

gambar dari Tyopancasan

Kuliah S2Bingung mau melanjutkan kuliah atau tidak? Mungkin sebagaian dari kamu merasa bahwa kuliah dan mendapat gelar sarjana sudah cukup. Its okay, tidak ada salahnya. Apalagi jika kamu termasuk pengusaha atau memiliki minat dan pekerjaan tertentu yang dirasa tidak memerlukan gelar lebih tinggi. Nah, meskipun begitu, ada baiknya kamu pertimbangkan beberapa poin di bawah ini. Ternyata kuliah S2 memiliki segudang kaunggulan dibanding berhenti di gelar sarjana saja lho... Apa sajakah itu?

1.       Posisi Kerja dan Gaji Lebih Tinggi
Sudah tidak diragukan lagi, lulusan magister yang mendaftar kerja di sebuah instansi atau perusahaan, akan mendapat level lebih tinggi. Jika mereka sudah bekerja, akan mudah pula naik pangkat. Bukan hanya karena gelarnya, tapi juga ada penelitian menyebutkan bahwa lulusan master rata-rata melakukan pekerjaan lebih baik daripada mereka yang lulusan sarjana. Bahkan, ada teman kuliah S2 yang walaupun dia pengusaha, namun di tengah usahanya dia melanjutkan kuliah supaya mendapat peluang di kursi legislatif. Nah lho...

2.       Memiliki Sudut Pandang Lebih Luas dalam Melihat Permasalahan
Ada proses keilmuan lebih mendalam dan futuristik dalam pembelajaran di saat kuliah magister. Tidak mengherankan jika pola pikir lulusan S2 umumnya lebih mumpuni dalam melihat permasalahan. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan, namun juga dalam keseharian. Bisa dikatakan dia lebih bijaksana menyikapi persoalan kesehariannya baik individu maupun sosial. Hal ini merupakan potensi yang dibutuhkan baik dalam bermasyarakat maupun di lingkungan kerja.

3.       Mendapat Relasi lebih luas dan Teman Lintas Generasi
Tidak seperti kuliah di S1 yang seumuran serta teman-teman yang masih sama-sama berproses, di pascasarjana kita bisa bertemu kenalan dan dapat teman berbeda baik usia maupun karirnya. Relasi seperti ini sangat bermanfaat. Misalnya kita bertemu teman-teman yang sudah bekerja dan membutuhkan orang yang keahliannya sama di perusahaan tempat dia bekerja. Tidak heran jika kenal di S2 memberikan peluang karir lebih luas lagi.

4.       Peluang Menjadi Dosen
“Apapun bidang Anda, dan pekerjaan yang sudah Anda jalani, menjadi dosen itu bisa dan harus bisa jika sudah S2”, kata dosen S2 saya berkali-kali setiap pertemuan kuliah. Hal ini karena perkuliahan S2 lebih matang dan bisa mengajarkan bidang keilmuan kepada mahasiswa S1 dengan keilmuan yang sama. Sekarang ini, banyak lulusan S2 yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai dosen. Misalnya dia aslinya seorang youtuber travel, namun tetap bisa memiliki pekerjaan sampingan sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi. tentunya selain status sosial didapat, kamu juga bisa bertemu dengan rekan sesama dosen dan mahasiswa yang akan memberikan banyak pengalaman menarik dan tidak kamu  dapatkan di dunia kerja. Habat bukan?

5.       Bisa Menjadi Solusi untuk Mengubah “nasib” Salah Jurusan
Senadainya kamu merasa bahwa kuliah kamu sebelumnya kurang sesuai dengan passion kamu, maka alangkah baik jika memilih jurusan sesuai minat bakat. Lagipula, di kelas pascasarjana, biasanya terdiri dari mahasiswa yang multi kelimuan. Bahkan ada yang dulunya jurusan hukum, namun bekerja di Radio, lalu memilih S2 bidang komunikasi. Kalau kamu seorang fresh graduate, tidak ada salahnya mengambil keilmuan yang sesuai passion di S2.

Nah itu dia, lima keutamaan S2 yang tentunya bisa bikin kamu makin yakin melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Jika kamu sudah punya tabungan dan penghasilan yang mencukupi, kuliah S2 bisa menjadi investasi yang bagus untuk masa depan kamu.

Artikel Terkait

Komentar