Representasi Perempuan dalam Iklan New West

Representasi Perempuan dalam Iklan New West
Oleh : Iim Rohimah


“Jupe, apa perempuan menggergaji kayu?” Itu mungkin yang terbersit dalam pikiran penonton saat melihat iklan gergaji mesin New West. Bagaimana tidak, gergaji mesin yang secara umum merupakan alat kerja kaum laki-laki untuk memotong dan mengupas kayu ini justru diiklankan dengan dibintangi sosok perempuan cantik. Perempuan tersebut merupakan artis terkenal, penyanyi dan pemain dalam film-film horor berbau sensualitas, Julia Perez atau Jupe.

Dalam iklan tersebut Jupe memakai kaca penutup mata khusus untuk berkerja dengan kepulan debu kayu serta sarung tangan merah. Ia memakai riasan wajah yang mencolok, lipstik merah, pupil mata berlensa kehijauan, dan raut wajah penuh godaan. Pakaiannya ketat merah cerah, lengan pendek sepundak, berbalut rompi jeans yang dibiarkan lepas sebelah. Bawahnya hanya menutupi sedikit paha bagian atasnya. Sementara kaki Jupe terjulur tanpa penutup dari tengah paha hingga ke bawah, putih mulus dan jenjang, ditambah dengan high hills merah yang menambah kekencangan kedua kakinya.

Adegan Iklan
Adegan iklan New West ini diawali dengan close up Jupe menatap lurus ke kamera memulai narasinya dengan nada sedikit menggoda, “Hai Bang, motong kayu masih pakai cara lama? Sekarang, nggak perlu gitu lagi...”. Lalu dilanjutkan dengan memegang erat gergaji kayu mesin New West, “Sekarang ada gergaji kayu mesin New West!”. Adegan dilanjutkan dengan kamera long shot, menampilkan seluruh badan Jupe yang memegang gergaji mesin dengan sebelah tangannya.
“Gergajinya ringan dan mesinnya juga irit!”. Jupe lalu menghidupkan gergaji mesin diiringi suara gerrr.. tanda mesinnya hidup. Ia angkat gergajinya sambil menunjukkan wajah sensualnya, “Mau kayu kecil?” sambil memotong kayu ukuran sepaha yang terpotong dengan gergaji dalam bentuk animasi. “Mau kayu yang lebih besar?”, katanya sambil memotong kayu yang besar dan terpotong menjadi dua dalam bentuk animasi pula. Jupe lalu mengangkat gergajinya dalam kamera close up dan berkata “Semua gampang! Karena pakai rantai oregon”. Adegan diakhiri dengan long shot sambil mengangkat gergaji mesin, “Gergajiku mah, New West!”. Terakhir Jupe mendekat ke kamera hingga terlihat warna bola matanya yang kehijauan, “Awas barang palsu!”. Katanya, sambil mengeryitkan sebelah pipi dan matanya.

Representasi Perempuan dalam Iklan Gergaji Kayu Mesin New West
Iklan gergaji mesin, jika melihat kegunaan barangnya tentunya akan diperankan oleh pemain laki-laki, tentunya dengan adegan memaparkan kegunaan dan kelebihan alat tersebut. Namun, hal itu “terlalu lurus”, sehingga pembuat iklan menggunakan perempuan sebagai ikon dalam iklan. Iklan mobil, iklan mesin, lebih menyedot perhatian dengan menampilkan wanita cantik sebagai bintangnya.
Sebagaimana dalam buku Membongkar Kuasa Media yang ditulis Ziauddin Sardar dan Borin Ban Loon , bahwa perempuan dalam media selalu diasumsikan sebagai objek tatapan pria. Perempuan ditampilkan sedemikian rupa sehingga memicu minat, hingga menjadi seperti produk yang dijual. Tidak heran bila iklan gergaji mesin juga lebih menarik jika diiklankan oleh bintang perempuan cantik.
Iklan tersebut merepresentasikan perempuan cantik dan seksi yang menawarkan para pria untuk membeli gergaji mesin. Dengan adegan dan tawaran bintang iklan cantik dan seksi tersebut tentu menunjukkan bahwa wanita cantik dan seksi akan menyukai tipe pria penggergaji kayu yang memakai gergaji mesin yang diiklankan. Hal ini tergambar dari bahasa tubuh bintang iklan dan narasinya. Sang bintang iklan menawarkan bahkan menggoda para pria untuk memakai produk tersebut, dan godaannya mencerminkan bahwa jika memakai gergaji mesin tersebut akan menyenangkan sang bintang iklan.
Representasi perempuan cantik dalam iklan ini tentu saja bukan menujukkan bahwa perempuan yang akan memakai gergaji mesin. Namun, ia menjadi ikon yang dapat mempengaruhi para pria yang menatap layar televisi untuk membeli produk itu. Perempuan dalam iklan lebih sebagai objek tatapan pria, dengan modal kecantikan wajah, keindahan tubuh, dan gaya yang sensual. Poin tersebutlah yang kemudian menjadi alat yang efektif dalam menarik minat konsumen.

Kesimpulan
Iklan gergaji kayu mesin New West ini menggunakan kecantikan bintang wanita sebagai penarik konsumen. Konsumen gergaji mesin ini pada umumnya adalah pria. Tawaran produk oleh bintang cantik dan seksi ini akan memberikan pesan bahwa pemakai gergaji ini akan dianggap gagah dan menarik minat perempuan cantik seperti sang bintang iklan. Gaya menggoda dalam iklan inilah yang menjadi penarik minat kaum pria untuk membeli gergaji kayu mesin ini. Dari iklan ini menujukkan bahwa wanita dijadikan objek tatapan bagi kaum pria.

Referensi

1. ‘Wow, Inilah ''Goyang Gergaji Mesin'' Ala Julia Perez (Iklan)’, https://www.youtube.com/watch?v=nXp1YsvuDeE, diunduh pada tanggal 2 Januari 2015, pukul 19.30 WIB. 
2. Ziauddin Sardar dan Borin Van Loon, Membongkar Kuasa Media, Terj. Dina Septi Utami, (Yogyakarta: Resist Book, 2008), hlm. 84.  

Artikel Terkait

Komentar