Tips Persiapan Matang Sebelum Melaksanakan KKN



Sebelasmeter.com _ Sobat Mahsiswa, tentunya kita tidak akan lepas dari kegiatan KKN di akhir perkuliahan nanti. Kegiatan KKN atau Kuliah Kerja Nyata berperan dalam menyatukan mahasiswa dengan masyarakat supaya nantinya mahasiswa dapat berbaur dan mengabdi kepada masyarakat. Ilmu yang telah diperoleh di kampus tentunya harus menuai fungsi akhirnya yaitu diamalkan kepada masyarakat nanti. Nah, KKN adalah sarana yang tepat dalam mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di kampus dalam praktek kerja nyata.

Persiapan perlu dilakukan tidak hanya untuk memperoleh nilai yang memuaskan, tetapi juga supaya dapat merancangnya dan menyelesaikannya dengan mudah dan efisien. Tidak memakan banyak waktu harus melakukan banyak hal yang tidak tepat sasaran sesuai yang diminta pihak kampus. 

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam menyusun laporan akhir KKN, di antaranya:
1.       Baca panduan KKN yang diberikan oleh kampus sebelum hari pertama memulai KKN
Hal ini diperlukan karena pada panduan seringkali ada hal-hal yang harus diperhatikan sejak hari pertama KKN. Banyak mahasiswa yang malas mempelajari atau membaca panduan KKN, padahal panduan dapat memudahkan kita melaksanakan kegiatan serta memperoleh hasil yang maksimal. Apalagi jika Anda ditunjung sebagai ketua kelompok, tentu Andalah yang sebaiknya paling memahami teknis pelaksanakan KKN yang biasanya ada dalam buku panduan. 

2.       Lakukan pertemuan kelompok sebelu hari  pertama KKN
Tujuannya adalah mengenal satu sama lain, menentukan ketua kelompok, susunan organisasi, dan menyiapkan jaringan pemasukan dana KKN. Tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan KKN membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tentunya hal itu tidak bisa diperoleh dari iuran anggota kelompok semata, namun perlu link donasi, meskipun itu seringkali dipandang kurang baik, namun dapat menjadi penolong bilamana kegiatan KKN memerlukan banyak dana. 

3.       Siapkan strategi pemsukan dana dengan kreatif
Perlunya pertemuan pra-KKN dengan anggota kelompok, selain tujuan di atas, juga menyiapkan strategi kretaif dan tidak mainstream sebagaimana pada poin 2 tadi. Sebisa mungkin Anda siapkan cara yang kereatif dalam menghasilkan dana yang bukan dari hasil ‘donasi’, namun dari kretaifitas Anda bersama anggota kelompok. Misalnya membuat kerajianan tangan, makanan, dan sebagainya yang menghasilkan pemasukan. Pemasaran bisa dilakukan dengan menjual hasil produk kepada sesama mahasiswa KKN di setiap desa yang tersebar di Kecamatan lokasi KKN. Atau sempatkan waktu menjualnya di luar kegiatan dan lokasi KKN. Modal? Jika Anda bertanya soal modal dari mana, tentunya Anda pasti punya jalan sendiri dong...peace! 

4.       Siapkan Alat Dokumentasi
Siapkan kamera, laptop, dan printer untuk berbagai kepentingan dokumentasi Anda. Karena setiap kegiatan KKN ke depan anda perlu selalu mendokumentasikannya tidak hanya dalam bentuk hasil jepretan kamera, juga daftar hadir setiap kegiatan, mengetik hal-hal yang perlu, dan sebagainya. 

5.       Siapkan mental
Biasanya KKN adalah serba baru. Artinya kita sekelompok dengan orang-orang yang baru kita kenal karen abeda jurusan, fakultas, beda karakter, dan tentunya kita akan tinggal di lokasi yang mungkin asing bagi kita. Oleh karena itu, siapkan mental yang baik dan tidak mudah down bila nanti dihadapkan berbagai persoalan. Jangan sampai tujuan KKN anda terganggu oleh konflik personal. KKN juga melatih kita tambah dewasa dan bijak lho...
6.       Persiapakan Keperluan Pribadi dengan Baik
Tidak hanya keperluan kelompok dan kegiatan KKN, persiapan pribadi juga perlu diperhatikan dong... Tentunya Anda perlu nyaman dan percaya diri dalam menjalankan setiap kegiatan sehari-hari di lokasi KKN. Jangan lupa lakukan list, cek dan recek segala keperluan Anda yang dibutuhkan di lokasi KKN. Siapkan koper atau tas besar supaya menampung semua bawaan Anda tanpa harus ribet dengan jinjing ini itu, alat mandi, alat solat, baju ganti seperlunya jangan kebanykan jangan pula terlalu minim (kalau jarang ganti, nanti bau lho..hehe), bawa kosmetik untuk menunjang penampilan, dan obat-obatan juga lotion anti nyamuk. 
Jangan lupa pula persiapkan tidak hanya yang ersifat fisik, tapi juga mental dan kepribadian Sob... Jaga nama baik almamater, jaga nama baik mahasiawa yang katanya intelek dan agen of change, dan selalu terapkan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun) supaya Sobat bisa mudah berbaur dengan masyarakat dan damai dengan sesama anggota KKN. Hubungan yang baik menentukan kesuksesan segala kegiatan kita lho...
Nah Bagaimana sudah siap melaksanakan KKN, Sobat Mahasiswa?

Artikel Terkait

Komentar