<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- iimrohimah --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:468px;height:60px" data-ad-client="ca-pub-4533907847127524" data-ad-slot="6841261291"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Sabtu, 23 Mei 2015

Kuliah Kerja Nyata IAIN Purwokerto

Sebelasmeter.com _ KKN atau Kuliah Kerja Nyata adalah salah satu aktifitas akademik mahasiswa yang berdimensi sosial yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi sebagai manifestasi dari pelaksanaan salah satu Tri Dharma Perguruan Tingggi yaitu aspek pengabdian pada masyarakat. Dunia kampus dan masyarakat merupakan dua entitas yang harus padu yang terkait oleh hubungan yang sinergis dan mutualis (saling menguntungkan). Pelibatan mahasiswa sebagai agen perubahan dalam konteks sosial sebagai sebuah keniscayaan dalam kerangka pemberdayaan potensi masyarakat untuk dikembangkan ke arah yang lebih baik dan produktif.

Dalam lintasan sejarah, kegiatan KKN mulai dilaksanakan pada tahun , dengan nama “Pengabdian Mahasiswa Pada Masyarakat”. Pada awalnya kegiatan tersebut dilaksanakan oleh tiga Universitas, yaitu Universitas Gajah Mada, Universitas Hasanuddin dan Universitas Andalas. Kegiatan
pengabdian mahasiswa pada masyarakat ini lebih ditingkatkan setelah Presiden RI pada bulan Februari 1972 menganjurkan dan mendorong setiap mahasiswa untuk bekerja di desa dalam jangka waktu tertentu, tinggal dan bekerja bersama masyarakat pedesaan memecahkan persoalan pembangunan sebagai bagian dari kurikulumnya. Pada tahun 1973, aktifitas pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh mahsiswa kemudian disebut dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto sebagai salah satu perguruan tinggi harus melibatkan diri dalam proses pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, IAIN harus melibatkan mahasiswanya ketengah-tengah masyarakat untuk bahu membahu melakukan proses pembangunan, baik dibidang fisik-material maupun dibidang mental-spiritual keagamaan serta pendidikan.

Mahasiswa IAIN Purwokerto, disamping harus mampu mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan Agama dan kebudayaan Islam serta Ghirah mengamalkanya dalam kehidupannya sehari-hari juga seharusnya mereka dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sesuai dengan tuntutan kehidupan sosial yang terus berkembang. Mahasiswa IAIN diharapkan mampu berperan dalam rangka pembangunan manusia seutuhnya dalam masyarakat bangsa Indonesia yang sedang membangun. Mahasiswa IAIN harus menjadi sumber motivasi yang dinamis dalam proses pembnagunan menuju ke arah inovasi dan modernisasi masa depan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yaitu terwujudnya masyarkat adil, makmur dan sejahtera serta bertkwa kepada Allah SWT, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

A. Tujuan dan Fokus Program KKN

Tujuan diadakannya KKN adalah sebagai berikut :

1. Membangun kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat menjadi masyarakat yang mandiri

2. Berpartisipasi dalam pemetaan, perencanaan, dan pelaksanaan program-program pembangunan masyarakat desa

3. Menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan masyarakat pedesaan

Adapun fokus pengembangan program KKN adalah sebagai berikut :

1. Bidang Keagamaan

2. Bidang Pendidikan

3. Bidang Ekonomi

4. Bidang Kesehatan

5. Bidang Lingkungan Hidup

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com