<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- iimrohimah --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:468px;height:60px" data-ad-client="ca-pub-4533907847127524" data-ad-slot="6841261291"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Senin, 16 Februari 2015

Makalah Penelitian Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan



Makalah Penelitian Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan

Oleh : Iim Rohimah

Abstak: Survei ini menganalisis tentang kinerja pegawai perpustakaan STAIN Purwokerto terhadap kepuasan kepuasan mahasiswa. Dalam penelitian ini dibuat batasan kriteria kinerja pegawai perpustakaan berdasarkan  4 indikator, antara lain; kedisiplinan, tanggungjawab, pelayanan, dan profesionalisme. Survei ini dilakukan untuk menganalisis nilai indikator tersebut serta pengaruhnya terhadap kepuasan mahasiswa STAIN Purwokerto sebagai pengguna perpstakaan.
Kata Kunci: kinerja, tingkat kepuasan mahasiswa.

A.    PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah



   Kehidupan kampus erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan peningkatan intelektualitasmahasiswa lewat media diskusi dan berbagai bacaan. Agar intelektual maasiswa terasah dengan baik, diperlukan bahan bacaan yang banyak dan sesuai kebutuhan mahasiswa. Semua itu dapat diperoleh dari perpustakaan kampus yang merupakan tepat mahasiswa memperoleh bahanbacaan, dengan berbagai keperluan seperti mengerjakan tugas, mencari bahan diskusi, dan sebagainya.

Perpustakaan yang ideal memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan, dengan ketersediaan bahan bacaan yang memadai, tempat yang nyaman, dan kinerja pegawai perpustakaan yang baik. Namun seringkali yang diusahakan oleh pihak perpustakaan belum tentu sesuai dengan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang ada di perpustakaan kapus. Beberapa komentar seringkali terlontar dari mahasiswa adalah berkaitan dengan kinerja dan pelayanan pegawai perpustakaan yang kurang baik. Oleh sebab itu, diperlukan adanya penelitian yang sistematis untuk membuktikan secara kongkrit tingkat kepuasan mahasiswa STAIN Purwokerto terhadap kinerja pegawai perpustakaan STAIN Purwokerto.

1.2  Rumusan Masalah

Bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja pegawai perpustakaan STAIN Purwokerto?

1.3  Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mencapai beberapa hal berikut:

a.       Mengetahui kelemahan dari masing-masing unsur dalam kinerja pegawai perpustakaan STAIN Purwokerto.

b.      Mengetahui kinerja pegawai untuk acuan penetapan kebijakan yang perlu diambil dan upaya yang perlu dilakukan;

c.       Mengetahui indeks kepuasan mahasiswa terhadap hasil pelaksanaan pelayanan perpustakaan STAIN Purwokerto.

d.      Civitas akademika dapat mengetahui gambaran tentang kinerja pegawai perpustakaan STAIN Purwokerto.

B.     PEMBAHASAN

2.1 Batasan Istilah

    Kepuasan pelayanan adalah hasil pendapat dan penilaian mahasiswa STAIN Purwokerto terhadap kinerja yang diberikan oleh pegawai perpustakaan STAIN Purwokerto.
    Unsur kinerja adalah faktor atau aspek yang terdapat dalam penyelenggaraan pelayanan kepada mahasiswa sebagai variabel penyusunan indeks kepuasan mahasiswa untuk mengetahui kinerja pegawai perpustakaan.
    Responden adalah mahasiwa STAIN Purwokerto yang pada saat survey sedang berada di lokasi perpustakaan dan telah menerima pelayanan dari pegawai perpustakaan.

2.2 Unsur Indeks Kepuasan Mahasiswa

            Dalam penelitian ini dilakukan survey dengan unsur pertanyaan yang mengacu pada komentar kepuasan mahasiswa. Berarti menambil arah variabel Y, atau tanggapan mahasiswa. Indikator penelitian kepuasan pelayanan pegawai perpustakaan dalam hal ini terdapat 4 poin, yaitu kedisiplinan, tanggungjawab, pelayanan, dan profesionalisme. Kemudian indikator tersebut dibuat menjadi 17 pertanyaan yang ditanggapi oleh mahasiswa, diantaranya:

a.       Kedisiplinan

1)        Ketepatan waktu dalam membuka perpustakaan.

2)        Keberadaan petugas peinjaman buku di loket peminjaman.

3)        Keberadaan petugas pengembalian dan perpanjangan buku di loket   pengembalian.

4)        Keberadaan petugas fotocopy di tempat bertugas.

5)        Keberadaan juru kunci di tempat bertugas.

6)        Ketepatan menutup perpustakaan sesuai waktu yang ditentukan.

b.      Tanggungjawab

1)      Pemenuhan permintaan mahasiswa terhadap apa yang dipesan dan diperlukan sesuai fungsi petugas.

2)      Penataan buku (keberadaan buku di tempat yang tepat) sesuai format yang ada di komputer pencarian data buku perpustakaan STAIN Purwokerto.

c.       Pelayanan

1)      Keramahan petugas perpustakaan dalam melayani mahasiswa.

2)      Sikap menyenangkan saat melakukan pelayanan.

3)      Kemudahan prosedur pemenuhan kebutuhan mahasiswa.

4)      Ketanggapan terhadap masalah yang dihadapi mahasiswa prihal yang berkaitan dengan perpustakaan.

5)      Kenyamanan mahasiswa terhadap sikap pelayanan petugas.

d.      Profesionalisme

1)      Cekatan tidaknya dalam melayani mahasiswa.

2)      Kemampuan mengatasi masalah di perpustakaan.

3)      Pengetahuan mengenai koleksi buku perpustakaan.

4)      Komunikasi yang baik saat proses pelayanan.

2.3 Pengolahan Data

            Indeks kepuasan mahasiswa dapat diketahui dari tanggapan mahasiswa STAIN Purwokerto terhadap indikator kinerja petugas perpustakaan, dengan mengajukan 17 poin pada 20 responden, yaitu mahasiswa STAIN Purwokert sebagai pengunjung perpustakaan. Adapun peneliti tidak memakai pengukuran terhadap tanggapan pegawai perpustakaan, dikarenakan tidak adanya pegawai yang bersedia dimintai mengisi kuesioner. Skala pengukuran yang digunakan adalah menggunakan skala sikap dengan menggabungkan skala Likert dan Rating Scale.

            Skala Likert digunakan untuk mengkur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang tentang kejadian atau gejala sosial. Dengan skala Likert, variabel akan diukur dalam dimensi, lalu menjadi indikator-indikator yang dapat diukur. Sedangkan Rating Scale tidak terbatas pada pengukuran sikap saja, tetapi juga dapat mengukur kinerja, produktivitas kerja, motivasi kerja, dan sebagainya. Sesungguhnya yang diambil peneliti di sini adalah cara pengukuran data. Pada tahap awal, memakai skala Likert, dan ditindaklanjuti oleh Rating Scale untuk mendapatkan hasil pengolahan data.

            Dalam teknik pengumpulan data angket, instumen penelitian disebarkan kepada 20 responden perpustakaan yaitu mahasiswa STAIN Purwokerto yang sedang berada di perpustakaan. Dari 20 responden menanggapi setiap pernyataan instrumen dengan pilihan jawaban yang berbeda. Peneliti membubuhkan 17 poin pernyataan dengan tingkatan pilihan tanggapan, berupa Sangat Setuju (SS) dengan poin 5, Setuju (S) dengan poin 4, Netral (N) dengan poin 3, Tidak Setuju (TS) dengan poin 2, dan Sangat Tidak Setuju (STS) dengan poin 1.

            Hasil tanggapan responden berbeda beda tiap orang dan tiap poin yang disediakan. Pengolahan data mula-mula diukur dengan Skala Likert yaitu pengukuran satu per satu soal (instrumen) untuk 20 responden:

Nilai skor ideal adalah (Banyaknya responden)  x (nilai poin tertinggi) yaitu 20 x 5 = 100. Dan skor terendah adala (banyaknya responden) x (nilai poin terendah) yaitu 20 x 1 = 20. Untuk mengukur masing-masing soal, digunakan skala likert sebegi berikut:

(jumlah responden) x (nilai poin)

Contoh untuk pernyataan nomer 1:

4 responden x 5 poin (SS)       = 20

7 responden x 4 poin (S)         = 28

0 responden x 3 poin (N)         = 0

9 responden x 2 poin (TS)        = 18

0 responden x 1 poin (STS)     = 0 +

Jumlah                                      = 66

Berdasarkan data soal nomor 1, yang diperoleh dari 20 responden, maka tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja pegawai perpustakaan STAIN Purwokerto adalah terletak pada daerah setuju:

0            20            40             60   66         80             100

I-----------I------------I-----------I----I-------I-------------I

STS           TS             N               S              SS

            Jadi, berdasarkan data nomor 1 yang diperoleh dari 20 responden, maka tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja pegawai perpustakaan STAIN Purwokerto yaitu 66/100 x 100% = 66% tergolong tinggi. Presentase kelompok responden untuk soal nomor 1 sebagai berikut:

          0                  20%             40%             60%   66 %        80%              100%

I----------------I---------------I--------------I------I------------I---------------I

                      Sangat Rendah           Rendah              Cukup                     Tinggi          Sangat Tinggi

Keterangan: Kriteria  Interpretasi Skor

Angka 0% - 20%         = Sangat Rendah

Angka 21% - 40%       = Rendah

Angka 41% - 60%       = Cukup

Angka 61% - 80%       = Tinggi

Angka 81% - 100%     = Sangat Tinggi

Setelah memperoleh hasil pengukuran skala Likert, penulis menghitung keseluruhan soal yang berjumlah 17 soal dengan pengukuran rating scale. Nilai skor ideal adalah (skor tertinggi tiap item = 5)  x (jumlah item = 17) x (jumlah responden = 20) adalah 1700. Dan skor terendah adalah (skor terendah tiap item = 1)  x (jumlah item = 17) x (jumlah responden = 20) adalah 340.Untuk mengukur hasil seluruh data dengan Rating Scale, maka hasilnya dengan cara menjumlahkan seluruh hasil perhitungan skala Likert.

No Soal
Nilai
Jumlah
SS
S
N
TS
STS
1
4
7
0
9
0
66
2
1
9
4
6
0
65
3
0
10
3
6
0
61
4
2
3
10
4
2
62
5
2
9
4
5
0
68
6
3
10
3
3
1
70
7
1
6
7
5
1
57
8
0
2
2
13
3
43
9
0
4
5
7
1
67
10
0
2
8
8
2
50
11
1
6
6
7
0
61
12
0
2
9
8
1
52
13
0
4
7
8
1
34
14
1
7
6
4
2
49
15
1
4
9
5
1
59
16
1
2
9
6
2
55
17
1
2
10
5
2
55
Jumlah skor hasil pengumpulan data
974
Berdasarkan data di atas, yang maka tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja pegawai perpustakaan STAIN Purwokerto adalah terletak pada daerah pertengahan atau netral:

              0                340               680       974 1020            1360              1700

I---------------I---------------I---------I-----I--------------I---------------I

                   STS               TS                  N                  S                  SS

            Jadi, berdasarkan data keseluruhan, maka tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja pegawai perpustakaan STAIN Purwokerto yaitu 974: 1700 x 100% = 57% tergolong cukup. Presentase kelompok responden keseluruhan data adalah sebagai berikut:

0                 20%               40%         57% 60%              80%              100%

I---------------I----------------I------------I----I----------------I----------------I

              Sangat Rendah             Rendah                   Cukup                Tinggi          Sangat Tinggi

            Data yang diperoleh dari 20 responden yang sedang berkujung ke perpustakaan memberikan keterangan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa STAIN Purwokerto terhadap kinerja pegawai STAIN Purwokerto termasuk kategori cukup.        

C.    PENUTUP

Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja pegawai perpustakaan STAIN Purwokerto adalah 57% yang ditentukan oleh berbagai tanggapan yang berbeda terhadap setiap item soal yang peneliti berikan. Item soal tersebut merupakan pecahan dari variabel Y, yaitu kepuasan mahasiswa STAIN Purwokerto. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai perpustakaan masih memerlukan banyak evaluasi dikrenakan kepuasan mahasiswa belum mencapai titik optimal, karena belum sampai pada tingkat kepuasan yang tinggi.

1 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com