7 Pekerjaan Paling Diminati di Indonesia Saat Ini Beserta Penghasilannya

karir, pekerjaan, jobs, karir masa depan, kerja setelah lulus kuliah
karir dan pekerjaan populer
7 Pekerjaan Paling Diminati di Indonesia Saat Ini Beserta Penghasilannya. Apa saja pekerjaan yang paling diminati saat ini di negara kita? ini dia ulasannya:

1. PNS
PNS atau pegawai negeri sipil seringkali menjadi acuan karir masa depan bagi banyak orang di negara kita. Berbagai kelebihan menjadi seorang PNS membuat karir yang satu ini begitu diminati. Kerja PNS yang tidak terlalu berat, gaji bulanan yang sudah pasti, dan mengabdi pada negara menjadi beberapa kelebihan dan motivasi seseorang yang ingin berkarir dalam bidang ini. 

Selain itu PNS memiliki jenjang karir yang cukup memicu kinerja dan cukup mensejahterakan bagi para PNS. Seperti dilansir di situs www.finance.detik.com , memaparkan gaji PNS untuk tahun 2013. Daftar terbaru gaji PNS sesuai PP nomor 22 tahun 2013

Golongan Ia :
Masa Kerja Golongan/MKG 0 (terendah) Rp 1.323.000
Masa Kerja Golongan/MKG 26 (tertinggi) Rp 1.979.900
Golongan Ib
Masa Kerja Golongan/MKG 3 (terendah) Rp 1.444.800
Masa Kerja Golongan/MKG 27 (tertinggi) Rp 2.096.100
Golongan Ic
Masa Kerja Golongan/MKG 3 (terendah) Rp 1.505.900
Masa Kerja Golongan/MKG 27 (tertinggi) Rp 2.184.800
Golongan Id
Masa Kerja Golongan/MKG 3 (terendah) Rp 1.569.600
Masa Kerja Golongan/MKG 27 (tertinggi) Rp 2.277.200
Golongan IIa
Masa Kerja Golongan/MKG 0 (terendah) Rp 1.714.100
Masa Kerja Golongan/MKG 33 (tertinggi) Rp 2.859.500
Golongan IIb
Masa Kerja Golongan/MKG 3 (terendah) Rp 1.871.900
Masa Kerja Golongan/MKG 33 (tertinggi) Rp 2.980.500
Golongan IIc
Masa Kerja Golongan/MKG 3 (terendah) Rp 1.951.100
Masa Kerja Golongan/MKG 33 (tertinggi) Rp 3.106.000
Golongan IId
Masa Kerja Golongan/MKG 3 (terendah) Rp 2.033.600
Masa Kerja Golongan/MKG 33 (tertinggi) Rp 3.238.000
Golongan IIIa
Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 3.590.900
Golongan IIIb
Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 3.742.800
Golongan IIIc
Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 3.901.100
Golongan IVd
Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 4.066.100
Golongan IVa
Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 4.238.000
Golongan IVb
Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 4.417.400
Golongan IVc
Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 4.604.200
Golongan IVd
Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Ro 4.799.000
Golongan IVe
Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 5.002.000

2. Guru atau Dosen
Banyaknya jurusan pendidikan di perguruan tinggi, mencerminkan banyaknya peminat profesi yang satu ini. Namun tidak melulu harus menempuh jurusan pendidikan, pada jurusan lain pun tentu banyak yang memiliki target untuk menjadi guru atau dosen. Banyak motivasi untuk menjalani profesi ini. Bisa karena ingin terus mengasah intelektual, berbagi ilmu, mendapat penghasilan tetap, atau tujuan lainnya. 

Sebenarnya untuk penghasilan dosen itu juga beragam, juga guru tergantung golongan apa, apakah PNS atau bukan. ada dosen yang berpenghasilan 5 juta tiap bulannya, ada yang 10 juta. Begitu juga guru, jika guru honorer mungkin gajinya rendah, jika PNS tergantung golongan PNS nya apa. Jika ingin mencari tahu mengenai gaji perofesi ini, lihat-lihat di www.gajimu.com

3. Blogger
Saat ini aktivitas blogging sudah bukan lagi merupakan hobi atau sekedar corat-coret berupa curhat ata menyimpan dan menyebarluaskan tulisan di dunia maya, melainkan sudah merupakan mata pencaharian. Ada yang menjadikan blog sebagai penghasilan sampingan, ada juga yang memilih full time blogger atau mencurahkan karirnya dalam aktivitas blog. Jadi seluruh waktu dan perhatiannya tercurah untuk ngeblog

Sama halnya dengan pekerjaan lainnya, penghasilan dari aktivitas blog juga sangat relatif. Semua sangat tergantung kualitas, jumlah pengunjung, dan sebagainya. Website besar seperti kaskus.co.id atau okezone.com bisa sampai ratusan juta atau bahkan sampai miliaran penghasilanya dalam sebulan. Ada pula blog yang penghasilannya jutaan, ratusan ribu, dan sebagainya. Bahkan ada yang tidak meenghasilkan sama sekali. Semua tergantung keseriusan, kerja keras, dan kulitas blog tersebut. 

4. Jurnalis atau Wartawan
Banyaknya media massa saat ini membuat profesi yang satu ini juga diminati dan menjadi tujuan banyak orang. Selain menulis merupakan hobi, menjadi jurnalis juga merupakan kepuasan tersendiri bagi sebagian orang. Untuk menggeluti bidang ini apalagi menjadi seorang wartawan, tentu membutuhkan kegesitan, kedisiplinan, dan tekanana karena mengejar deadline. Namun, jika itu sudah menjadi sebuah gairah hidup dan kepuasan, justru tekanan itu akan menjadi tantangan yang menyenangkan untuk dijalani. 

Berbicara tentang penghasilan, basanya wartawan atau jurnalis berkisar antara 2 juta hingga 5 juta. Namun, jika menjalani profesi ini di media besar seperti Tvone, Kompas, dan sebagainya, gajinya sudah sangat relatif mensejahterakan. Jumlahnya berkisar antara 10 hingga 20 jutaan. 

5. Penulis
Berbeda dengan menulis sebagai wartawan atau jurnalis, menjadi penulis dalam bentuk buku juga menjadi tren yang populer saat ini. Banyak penulis-penulis besar yang bermunculan. Mulai dari penulis novel best seller, buku ilmiah, tutorial, ataupun buku pengembangan jiwa. Akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka yang telah menghasilkan karya berupa tulisan kemudian dibaca oleh banyak orang. Namanya pun dikenal dan menjadi inspirasi bagi orang banyak. 

Dari segi pendapatan maka akan sangat menjanjikan, terutama jika buku yang Anda hasilkan laris di pasaran, apalagi menjadi buku best seller. Jika ingin mengetahui lebih lengakap baca di sini.

6. Bidang Kesehatan
Berprofesi di bidang kesehatan menjadi primadona di tengah-tengah masyarakat sejak dahulu. Selain karena untuk mencapai karir ini dianggap sulit, karena membutuhkan biaya pendidikan yang besar, penghasilannya yang menggiurkan pun menjadi harapan tersendiri bagi suatu keluarga yang menyekolahkan anak-anaknya. Bukan hanya orang tua, mereka yang sedang menempuh pendidikan pun menginginkan bidang pekerjaan yang satu ini. 

Profesi di bidang kesehatan tidak hanya dokter, bisa apoteker, bidan, dokter spesialis, perawat, dan sebagainya. Penghasilannya pun beragam. Pada umumnya dokter, bidan, dan apoteker bisa mendapatkan penghasilan lebih besar ketimabang perawat.

7. Pengusaha/Entrepreneur
Sulitnya lapangan kerja membuat banyak pula orang yang memilih mandiri. Mereka lebih berniat merintis usaha sendiri dan tidak berada dibawah perintah orang lain. Memang menjadi pengusaha memiliki beban yang jauh lebih besar ketimbang karyawan atau pegawai negeri karena dihadapkan dengan segala persoalan menyangkut usaha yang dikelolanya. Akan tetapi keuntunagannyapun banyak. Selain mendapat peghasilan lebih basar, juga mendapat kepuasan tersendiri karena dapat membuka lapangan kerja untuk orang banyak. Selain itu mental akan lebih terlatih, karena melalui proses perjuangan mendirikan, mengembangkan, dan menghidupkan kreativitas untuk meningkatkan inovasi usahanya. Jelas mental pengusaha ini lebih handal ketimabang mereka yang bekerja di bawah perintah atasan, atau menjadi karyawan. 

Dari segi penghasilan, tergantung juga. Jika usahanya berupa Usaha Kecil Menengah, berkisar antara 2 juta hingga 10 juta. Sedangkan bagi pemilik perusahaan besar, saya kira peghasilannya tidak terbatas. Jadi, apa profesi anda di masa depan?? Semua tergantung apa yang biasa anda jalani hari ini.
Profesi masa depan Anda tidak melulu ditentukan oleh jurusan kuliah, tetapi tergantung aktivitas yang diminati dan biasa dijalani secara serius pada hari ini. (by: sebelasmeter.com)

Komentar

  1. aku ingin menjadi nomer 3 dan 7. Doakan-ku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh... blogger dan pengusaha yaa... itu sangat menjanjikan memang. soalnya tidak ada ikatan waktu dan tidak diatur orang lain. penghasilan pun lebih fleksibel... semangat berproses yaa Mas lukman...

      Good Luck

      Hapus
  2. maaf telat balas mbak Iim.. dan saya balas disini karena mau komentar di laman tidak bisa

    untuk laman, coba perbesar ukuran margin bawahnya
    img.label_thumb{margin-bottom:15px;} --> 20px
    .label_with_thumbs{margin-bottom:15px} --> 20px

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Ana,,, halaman atasnya sekarang memang sengaja saya sembunyikan karena broken link... yaa.. saya coba tipsnya... trimakasih yaaa...

      Hapus

Posting Komentar