<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- iimrohimah --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:468px;height:60px" data-ad-client="ca-pub-4533907847127524" data-ad-slot="6841261291"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Jumat, 04 Oktober 2013

Tips Supaya Pandai Bergaul

tips supaya pandai bergaul, tips supaya menjadi orang yang luwes, tips supaya tidak minder, cara bergaul yang baikTips Supaya Pandai Bergaul: Siapa yang tidak mendambakan kemampuan bergaul yang baik. Hampir setiap orang pasti ingin pandai bergaul dengan banyak orang. Tidak ada yang mau menjadi orang yang kaku dan sulit bergaul kan?? Jumlah teman yang bisa dihitung jari, dan sulit sekali memulai percakapan dengan orang baru, atau selalu saja canggung saat berkomunikasi dengan orang lain???

Kadang kala sifat kaku atau sulit bergaul menjadi beban tersendiri juga lho Sobat. Jika sobat merasa diri sobat kaku, maka beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu mengatasi masalah yang sedang sobat alami. 

1. Peduli
Peduli yang tulus terpancar dari hati, secara refleks akan membuat orang merasa nyaman di samping kita. Sifat peduli ini akan mendorong kita menjadi tulus mendengarkan curhat orang lain, tulus
memberi solusi sehingga bukan solusi asal-asalan, namun solusi yang benar-benar membantu lawan bicara. Walaupun tidak memeberi solusi, menjadi pendengar saja sudah cukup meringankan beban orang lain. Tak hanya itu, kepedulian membuat kita secara tulus menyapa, tersenyum untuk menyenangkan orang lain, dan menolong tanpa pamrih. Akhirnya akan banyak orang merasa nyaman berada di sekitar kita.

Peduli memang bukan sifat instan yang bisa timbul begitu saja ada di hati. Untuk menjadi seorang yang peduli, perlu latihan tersendiri. Terutama jika sifat peduli ini bukan sifat yang sobat miliki secara alami sejak kecil atau bukan didikan keluarga sejak kecil. 

Namun sobat jangan khawatir yaaa... kepedulian bisa dilatih kok. Caranya yang pertama, dengan membiasakan diri menolong orang lain, tanpa pamrih. Cobalah untuk menolong orang banyak, teman, keluarga, kekasih, atau siapa saja tanpa pamrih. Menolong bukan saja tenaga, bisa juga materi, pikiran, waktu, dan sebagainya. Dengan terbiasa menolong, walaupun misalnya pada mulanya tidak biasa ikhlas, lama kelamaan akan menjadi kebutuhan. Butuh untuk menolong orang. 

Kedua, niatkan untuk menebarkan arti buat orang banyak. Semakin banyak kebaikan yang sobat tebarkan, semakin berarti sobat di hati banyak orang. Tentu hal ini akan membangun emosi positif di hati, dan menjadi investasi ‘tak nampak’ yang akan mengalirkan kebaikan kembali kepada sobat. Nah, kebiasaan-kebiasaan tersebut akan memberi pengalaman tersendiri buat sobat, bagaimana indahnya kepedulian itu. Tentunya kepedulian yang ikhlas dong.... 

2. Percaya Diri
Buat yang kurang pandai bergaul, mungkin akrab dengan orang lain adalah hal yang cukup sulit, atau bahkan mungkin sangat menyulitkan. Kadang, ketika mencoba akrab dengan orang lain, malah menunjukan sikap yang canggung. Saat mencoba humor, mungkin malah mengeluarkan humor yang terkesan dipaksakan dan tidak lucu. 

Anggaplah itu sebagai tantangan yang harus sobat atasi. Bukan kekurangan yang tidak bisa diubah. Kuncinya adalah prcaya diri. Sampaikanlah apa yangingin sobat sampaikan. Misalnya, sobat ingin menanyakan nama dan tempat sekolah lawan bicara sobat. Maka jangan ragu tanyakan saja. Jika sobat sekedar ingin mengakrabkan diri dengan lawan bicara, cobalah beranikan diri untuk bertutur sapa atau mencairkan suasana.
Jangan takut dianggap tidak lucu, dianggap aneh, atau tidak enak didengar. Maklumi itu sebagai latihan saja. Jika tak dimulai dibiasakan sekarang, kapan lagi. Jika tidak gagal sekarang, kapan kita akan berhasil? Boleh saja kita gagal berkomunikasi dengan menyenangkan saat ini, tapi jika terus menerus berlatih dengan percaya diri, maka lama-kelamaan kita akan terbiasa. 

3. Kegiatan Sosial
Kepandaian dalam bergaul juga bisa dibentuk dengan iklim di sekitar kita. Perbanyaklah aktivitas yang melibatkan banyak orang. Misalnya untuk mahasiswa, jadilah anggota sebuah organisasi, atau kegiatan kemahasiswaan lainnya. Tidak hanya ilmu yang akan di dapat, tapi juga kita akan dihadapkan dengan banyak orang. Sering bergaul membuat kita pandai mengolah kata, berbasa-basi, pintar berbaur dengan orang yang baru kita kenal, dan terhindar dari keterpurukan mental. 

4. Jadi Diri Sendiri
Saat ada keinginan menjadi orang yang pandai bergaul, hindari memaksakan meniru orang lain. Biarkan kita alami sebagimana karakter diri kita. Sekalipun ada dua orang yang sama-sama pandai bergaul, namun ciri khasnya tentu tidak sama. Atau ada dua orang humoris, tentunya humor mereka tidak sama tipenya. Kita tahu misalnya artis komedian di televisi, contoh Andre dan Sule sama-sama kocak. Tapi kocaknya mereka tidak sama karakternya. Misalnya kita kenal Rafi Ahmad dan Olga Syahputra sama-sama orang yang pandai bergaul. Namun, tetap saja mereka punya ciri khas sendiri. 

Nah, sobat pun begitu. Tetaplah nyaman dengan pribadi sobat. Sobat akan menemukan kenyamanan saat sobat menjadi diri sendiri. Jika sobat tidak nyaman mengakrabkan diri dengan cara banyak basa-basi, maka tidak perlu banyak basa-basi. Hal paling penting dalam bergaul, supaya menjadi orang yang pandai bergaul adalah kepedulian dari hati. 

Namun, jika sobat justru belum menemukan karakteristik sobat dalam bergaul. Tidak masalah sobat coba jadi pribadi seperti apapun. Yang penting percaya dirilah. Nanti akan sobat akan menemukan kenyamanan dengan sendirinya. Dan menjadi pribadi yang pandai bergaul. Be Your Self, and you will love your self.
Demikian tips supaya pandai bergaul dari sebelasmeter.com. Semoga bermanfaat yaa Sobat... Ingat, kita sesungguhnya istimewa. Dan punya keistimewaan tersendiri dalam diri kita. Bagaiman pendapat Sobat??? 
Baca pula artikel terkait:



2 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com