<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- iimrohimah --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:468px;height:60px" data-ad-client="ca-pub-4533907847127524" data-ad-slot="6841261291"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Selasa, 01 Oktober 2013

Kuliah ke 2 Manajemen Siaran Radio

Manajemen Siaran Radio

Manajemen Siaran Radio: Klik Kuliah 1 tentang manajemen radio. Manajemen radio secara keseluruhan memiliki tujuan untuk menjalankan fungsi radio itu sendiri. Fungsi radio diantaranya sebagai Media Iklan, Media Hiburan, dan Media Informasi. 

Ketiga fungsi tersebut membuat bisnis ini harus dijalankan dengan sebaik-baiknya melalui manajemen yang baik. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah stasiun radio akan hidup dengan bisnis yang lancar dan finansial yang tercukupi. Hal ini pula yang membuat posisi manajemen dalam radio sangat menantang karena harus memuaskan pendengar pengiklan dan juga karyawannya yang bekerja di radio.dapat disamakan dengan Manajemen TV.

Untuk memperlancar bisnis ini pihak manajemen hendaknya menentukan setiap pekerjaan dan mencantumkan dalam bagan organisasi. Secara singkat ada format umum untuk sebuah stasiun radio,
yaitu:
1. Format News and Talk/Berita dan Bincang-bincang.
2. Format Hiburan.
3. Format khusus
Radio format news and talk bisa dilihat pada bagan berikut ini: 

 Gambar 1. Bagan Format News and Talk

Secara singkat, tugas masing-masing divisi tersebut adalah:
1. GM/General Manager Mempunyai tugas memimpin perusahaan .
2. SM/Sales Manager(Manager Penjualan) bertanggung jawab atas penjualan iklan membawai AE.
3. AE/Account Exekutif (Sales Ekekutif)Bertanggung jawa mencari mengurusi iklan .
4. PD/Program Director(Direktor Program) bertanggung jawab atas penjadwalan penyiar dan keberhasilan program.
5. MD/Music Director Bertanggung jawab atas program musik.
6. Prod:Orang yang bertugas membuat Program.
7.BM :Bisnis Manager tugasnya berhubungan dengan penanganan masalah finansial,biaya pengoperasian radio,pendapatan,meneliti pengeluaran,penggajian dan administrasi.

Baik bisnis Manajer,Sales Manager maupun Program Director bertugas untuk mengontrol. Tentunya dengan fungsi pengontrolan yang berbeda sesuai bidangnya. Misalnya Sales Manager bertugas mengontrol penjualan dan revenue setiap hari,PD Bertugas mempelajari perkembangan pendengar dan rating .Di Indonesia biasanya diadakan dua kali setahun .sedangkan Bisnis Manager mengontrol banyaknya pengeluaran sebulan sekali.

Setiap kepala bagian harus memiliki sasaran atau goal dalam tugasnya demi visi dan misi radio tersebut. PD misalnya bertujuan untuk menjadikan rating distasiun radio nomor satu, SM bertujuan mendapatkan pendapatan sebanyak-banyaknya, dan Finance Manager bertujuan membuat laporan keadaan keuangan dalam waktu-waktu tertentu dan mengontrol jalannya uang.

TUJUAN DAN MISI RADIO
Tujuan radio dibagi dalam 3 tujuan:
1. Ekonomi
Tujuan ekonomi berarti berhubungan dengan perolehan pendapatan,banyaknya pengeluaran dan banyaknya keuntungan. Jika ekonomi stasiun rado stabil, maka radio tersebut dapat berjalan dengan baik. Keuangan ini berpengaruh besar bagi perkembangan sebuah stasiun radio. Semakin basar penghasilan, maka akan lebih berpeluang besar menambah fasilitas, kinerja programm, dan sebaginya yang mana kesemuanya membantu memajukan radio ke depannya. 

2. Pelayanan
Mengingat salah satu fungsi radio untuk memenuhi keinginan masyarakat , maka pelayanan harus menunjukkan sikap responsif terhadap mereka dan membuat program-program sesuai dengan keinginan para pendengar sebagai bentuk kontribusi sosial. Jika isi program radio memuaskan, maka akan selalu diminati, dan semakin banyak pendengarnya. Kepuasan pendengar dapat ditentukan oleh profesionalitas penyiarnya, ketepatan segmen pendengar (misalnya jika sedang acara bernuansa anak muda, penyiarpun menyesuaikan bahasanya seperti anak muda), memberikan manfaat bagi pendengar baik ilmu ataupun pengalaman yang berarga, menghibur, dan masih banyak unsur lainnya. 

3. Individu (Setiap Karyawan)
Diusahakan tujuan yang ditentukan juga merupakan tujuan setip individu disetiap perusahaan,pihak manajemen dapat menunjukkan dengan memberikan motivasi dalam bekerja,hubungan yang baik dikantor dan penentuan jenjang karir. Karena bagi karyawan, radio ini juga merupakan penyaluran skill yang mereka miliki, mata pencaharian, dan ranah untuk berkarya. 

Sekian dulu yaa Sobat Catatan Kuliahnya... Sobat bisa baca catatan lainnya yang berkaitan dengan radio di sebelasmeter.com ini. Diantaranya: 






0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com