Cara membuat teks berita di Televisi

penyiar TV, pembaca berita televisi, cara menulis teks berita televisi, cara menulis berita tv, berita di tv, pembawa berita tv, berita sctv, tips menulis berita televisi, tips menulis berita tv, tips menysusun teks berita tv, tips menysusun berita televisi,mata kuliah menajemen penyiaran televisi, mata kuliah manajemen siaran tv, siaran berita televisi, contoh teks berita tv, contoh teks berita televisiCara membuat teks berita di Televisi: Yang saya pelajari, teks berita di televisi jelas berbeda dengan berita di media cetak. Karena di televisi mencampurkan antara narator (audio) atau pembaca berita, gambar sebagai penunjang informasi, dan video

Video bisa berupa reporter, repeorter yang langsung mewawancarai objek di lapangan, pernyataan seorang ahli, atau video pernyataan seorang saksi, misalnya. 

Selain itu, tanda baca koma dalam teks berita televisi menggunakan slash ata garis miring satu (/) dan titik menggunakan slash dua (//).
Hal tersebut dikarenakan pembacaan teks berita di TV memakai slide jarak yang cukup jauh. Sehingga jika memakai tanda baca koma dan titik, tanda baca tersebut sulit untuk terlihat.

Cara menyusun teks berita untuk TV, sebegai berikut:
Tentukan timingnya. Biasanya durasi sebuah berita lamanya 60 detik. Rangkai kalimat yang informatif, tidak terlalu panjang, namun berisi. Biasanya setiap kalimat memakan waktu sekitar 3 hingga 5 detik. 

Siapkan Informasi Pendukung. Informasi pendukung berupa gambar-gambar, video wawancara seorang ahli, keterangan warga (informan), dan reporter di lapangan. Sebelum hendak menayangkan video, pembaca berita tidak perlu menyebutkan nama tokoh dalam video, selain untuk menghemat waktu, juga dikarenakan nama dan keterangan siapa tokoh di video akan tertulis di bawah layar televisi. Pemirsa akan membaca keterangan tersebut, misalnya Radit Agustin (Ketua Satpol PP Banyumas). 

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat contoh naskah berita TV ini.
Untuk membuat teks berita TV yang baik, ada beberapa tips yang disampaikan oleh Dosen pengampu mata kuliah Manajemen Siaran Televisi, Bpk Edy Susanto, M. Si berikut ini: 

Tips Menulis Berita TV
1. Gunakan kata yang sederhana
2. Hindari penggunaan kalimat yang rumiat dengan anak kalimat
3. Hindari komplikasi yang tidak perlu
4. Gunakan bahasa percakapan
5. Hindari kata sifat, misalnya gadis yang cantik itu
6. Hindari Opini
7. Tinggalkan semua, kecuali kata-kata penting
8. Hindari bahasa teknik atau ilmiah
9. Hindari bahasa resmi
10. Hindari kata-kata klise
11. Jangan mempersulit: satu atau dua pokok pikiran per-kalimat sudah cukup
12. Sederhanakan angka dan fakta
13. Hndari penggunaan singkatan
14. Hindari kalimat terbalik
15. Hindari referensi waktu yang rumit

Demikian cara dan tips menulis teks berita Televisi. Semoga bermanfaat yaaaaaa Sobat..
Artikel Kuliah Lainnya



Komentar