Tips Menulis dan Menyusun Makalah

Tips Menulis dan Menyusun Makalah: Mahasiswa erat kaitannya dengan beragam tugas di luar kelas. Tugas paling sering diberikan dosen adalah menyusun dan menulis sebuah makalah. Mungkin mennusun makalah tak asing lagi buat mahasiswa senior yaaa... Nah buat mahasiswa junior, apalagi nahasiswa baru, seringkali kebingungan bagaimana cara menulis makalah. 

Oke deh buat kamu yang lagi mencari tahu cara menulis makalah, atau memerlukan contoh makalah yang benar, saya share di sini buat sobat... berikut tahapan menyusn dan menulis makalah.

1. Menentukan Judul
Eits... jangan lupa baca bismillah dulu yaa Sobat... biar makalahnya bagus, n berjalan lancar, hehe...
Judul biasanya sudah diberikan oleh dosen atau pengajar, namun ada juga beberapa mata kuliah yang ketika diberikan tugas makalah, tidak ditentukan judulnya. Misalnya dosen hanya memberikan tema besar, lalu judul makalah ditentukan atau dibua sendiri oleh mahasiswa. Jadi, tugas sobat menentukan judul atau topik makalah yang sesuai, dan sekiranya dapat sobat kuasai. Jangan sampai sobat menentkan judul yang sulit dan kira-kira akan sulit menemukan referensi untuk menyusunnya nanti. 

2. Membuat Kerangka
Pembuatan kerangka sangat penting untuk memfokuskan sobat pada poin-poin yang diperlukan dalam penulisan makalah nantinya. Kerangka yang dimaksud di sini ialah terdiri dari:
- Judul
- Pendahuluan
Dalam pendahuluan, siapkan pemaparan mengenai latar belakang mengapa mengangkat judul makalah itu. Kemudian tujuan penulisan makalah, dan rumusan masalahnya. Rumusan masalah yang dimaksud di sini adalah sebuah pertanyaan besar yang ingin dijawab dalam makalah ini, karena makalah sesungguhnya bertujuan menjawab sebuah topik yang ingin digali jawabannya atau keterangannya. Misalnya makalah berjudul “Dakwah dengan Musik menurut Islam”, maka rumusan masalahnya bisa berupa pertanyaan besar seperti: “Bagimana pandangan Islam tentang musik sebagai media dakwah.” 

- Pembahasan
Kerangka paling penting di buat dalam bab ini. Pembahasan merupakan uraian yang akan mengantarkan pembaca pada jawaban yang ingin dicari dari rumusan masalah tadi. Susunlah bab pembahasan ini secara sistematis. Tidak terlalu singkat, sehingga kurang memberi penjelasan. Juga tidak terlalu melebar ke mana-mana sehingga tidak jelas maksudnya. 

Tentukan sub-bab atau poin-poin kecil yang harus ditulis dalam pembahasn makalah sobat. Misalnya judul makalah sobat “Dakwah dengan Musik menurut Islam”, maka sobat bisa membuat kerangka:
a) Pengertian dakwah dan musik
b) hukum musik dalam Islam
c) pentingnya dakwah menurut Islam
d) Efektivitas dakwah dengan musik.
Itu sekedar contoh saja, yang pasti susun kerangka pembahasan ini sehingga akan mengantarkan pada jawaban rumusan masalah di bab pendahuluan tadi. Bahkan kalau bisa, penjelasan dapat memberikan hal-hal baru yang benar-benar belum diketahui oleh teman-teman sobat saat presentasi nanti. 

- Penutup
Pada bagian penutup hanya mengikuti hasil dari pembahasan tadi. Penutup berisi kesimpulan makalah sobat secara ringkas, serta penyampaian harapan atau pesan. Pesan di sini maksudnya bisa berupa penyampaian persoalan baru yang harus dipecahkan ataupun diatasi dalam kehidupan nyata. Misalnya, “semoga musik tidak lagi menjadi hal yang dianggap bunyi kemaksiatan oleh masyarakat, namun justru dapat menjadi media dakwah yang juga dapat mendekatkan masyarakat pada kebaikan”.

3. Kumpulkan Referensi
Nah, selanjutnya setelah menyusun kerangka, sobat kumpulkan referensi atau sumber untuk penulisan makah sobat. Referensi bisa berupa buku dari perpustakaan, film, majalah, surat kabar, dan internet. Yang jelas, referensi haruslah merupakan sumber yang terpercaya sobat yakini kebenarannya. Referensi biasanya disyaratkan minimal 5 buah buku. Lalu sobat ambil bagian-bagian penting yang akan sobat tulis di makalah sobat. Ingat yaaa, bukan mejiplak persisi seperti kata-kata dalam buku, namun uraikan apa yang ada di buku dengan bahasa sobat sendiri. Hal tersebut berpengaruh pada kelancaran presentasi sobat di depan kelas nantinya. Jangan sampai presentasi mirip membacakan sebuah teks untuk didengarkan teman-teman dan dosen sobat, nanti pada ngantuk, hehe... 

4. Menulis Makalah
Sudah jelas dong apa saja yang akan di tulis dan poin-poinnya sudah tergambar jelas di pikiran sobat. Kini saatnya sobat menulis makalah yang sudah sobat siapkan. Berikut beberapa hal penting yang perlu sobat ketahui tentang penulisan makalah:
- Huruf diketik dalam jenis times new roman ukuran 12
- Kertas A4 margin: atas 4, samping kiri 4, bawah 3, samping kanan 3
- halaman biasanya 5 s/d 10 atau minimal 10, atau sesuai yang ditentukan. Jika tak ditentukan, buat makalah 10 halaman tidak termasuk cover dan daftar pustaka.
- Buat footnote, karena footnote yang paling sering dianjurkan oleh dosen, bukan endnote apalagi innote. 

Susunan Makalah
1) Cover, contoh cover makalah yang benar, bisa sobat lihat di sini
2) Pendahuluan
3) Pembahasan (Isi)
4) Penutup
5) Daftar Pustaka
Contoh makalah, silahkan sobat lihat di sini

5. Sunting Makalah
Menyunting makalah tak kalah penting dengan tahap tadi sobat... periksa dulu segalanya sebelum di print out. Jangan sampai ada kesalahan pengetikan. Atau ada pembahasan yang kurang, dan hal lainnya. Walau hanya kesalahan satu huruf, tentu akan menganggu kenyamanan bagi yang membaca nantinya.
Setelah semua sudah dipastikan lengkap dan tepat, baru print out makalah sobat. Dan ucapkan Alhamdulillah...Oke Kawan...
Sebagai pesan, sebaiknya membuat makalah, dilakukan jauh-jauh hari jangan sampai SKS alias sistem kebut semalan, apalagi sistem kebut se jam... oke sobat.. dan Jadilah Mahasiswa Platinum!

lihat juga tips seputar makalah lain di sini:

Contoh Makalah yang Baik dan Benar Lengkap

Contoh Makalah Bahasa Indonesia Format Yang Benar

 



Komentar