Public Relation

Public Relation: Public Relation (PR) sama dengan hubungan masyarakat (humas) dalam sebuah lembaga ataupun organisasi. Secara termiologi, pengertian public relation adalah kegiatan komunikasi yang bertujuan untuk membangun citra yang baik sebuah perusahaan atau suatu lembaga.
PR juga bisa berupa interaksi untuk menciptakan opini publik sebagi input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak. Dalam hal ini PR adalah suatu profesi yang berperan sebagi penghubung antara lembaga dengan masyarakat atau pihak lain. 

PR ada di berbagai sektor. Misalnya sektor sosial seperti panti asuhan, sektor bisnis seperti sebuah perusahaan, sektor industri, sektor pendidikan seperti universitas atau sekolah-sekolah, sektor politik seperti partai tertentu, sektor pemerintahan seperti MPR ataupun pemerintahan desa, dan sektor lainnya. Di setiap sektor pasti memerlukan bagian PR atau biasa kita dengar sebagi humas. 

Fungsi Publik Relation
PR menjadi sangat penting dalam sebuah lembaga karena memiliki banyak fungsi, di antaranya:

1. Menciptakan kepercayaan, saling adanya pengertian dan citra yang baik sebuah perusahaan dari publik atau masyarakat pada umumnya.
2. Memiliki sasaran untuk menciptakan opini publik yang bisa diterima dan menguntungkan semua pihak.
3. Melakukan persuasi kepada publik, sehingga publik atau pihak lain tertarik dan menilai baik perusahaan tersebut.
4. Usaha menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya, sekaligus menciptakan opini publik sebagai efeknya, yang sangat berguna sebagai input bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan.

Tujuan Publik Relation
Fungsi dan tujuan ada bedanya yaa para pembaca... fungsi itu lebih pada daya, peran, atau kinerja, sedangkan tujuan berarti goal, atau rencana yang ingin dicapai. Contoh sederhananya, misalnya “apa tjuan dan fungsi buku untuk sobat?” tujuan buku adalah supaya orang pintar, sedangkan fungsi buku adalah mengabadikan ilmu dalam bentuk tulisan sehingga akan dibaca orang. Jelas beda kan sobat? Jika sobat beda pendapat, silahkan komentari aja tulisan ini yaaa,,, biar saya belajar juga, hehe...

Oke deh kita lanjut ke TKP. Jadi apa saja tujuan PR itu? Tujuan PR diantaranya:
1. Untuk mempertahankan atau menambah citra baik di mata masyarakat sehubungan dengan adanya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan oleh perusahaan.
2. Untuk meningkatkan kualitas para calon pegawai, karena persahaan bercitra baik, akan dimasuki pegawai yang baik lagi.
3. Untuk menyebarluaskan suatu cerita sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan pengakuan.
4. Untuk memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas, serta membuka pangsa pasar baru.
5. Untuk memperbaiki hubungan dengan publik, misalnyayang disebabkan turunnya citra baik karena terjadi pencorengan, atau masalah yang menyangkut kepercayaan publik.
6. Untuk memberikan pengertian kepada konsumen agar mereka lebih terpikat memanfaatkan produk-produk perusahaan.
7. Untuk meyakinkan masyarakat bahwa perusahaan mampu bertahan atau bangkit kembali setelah terjadinya suatu krisis.
8. Untuk menyebarluaskan informasi mengenai aktivitas dan partisipasi para pimpinan perusahaan organisasi dalam kehidupan sosial.
9. Untuk mendukung keterlibatan suatu perusahaan sebagai sponsor dari suatu acara.
10. Untuk meyakinkan bahwa perusahaan tersebut baik di mata pemerintahan dan bersahabat dengan pemerintahan negara, terutama jika itu adalah perusahaan besar.

Intinya tujuan PR adalah terletak pada pencitraan yang baik sebuah perusahaan. Maka dari itu mereka yang berperan dalam profesi PR, harus benar-benar handal dalam berkomunikasi. 

Sobat bisa juga menambah referensi seputar Publik Relation dari:




Komentar