<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- iimrohimah --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:468px;height:60px" data-ad-client="ca-pub-4533907847127524" data-ad-slot="6841261291"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Rabu, 25 September 2013

Materi Kuliah Manajemen Siaran Radio


Manajemen Radio 1: Radio memiliki karakter khusus yakni lebih mudah dijangkau dan dapat didengarkan dimana saja dan kapan saja. Radio memiliki beberapa Fungsi :
  • Media Iklan
  • Media Hiburan
  • Media Informasi.
Bisnis Radio
Seperti bisnis-binis lainnya,bisnis radio harus dijalankan dengan baik agar mendapatkan, hasil yang diinginkan.Untuk itulah diperlukan Manajemen yang baik dan mentaati aturan-aturan yang dapat menjamin keberhasilan bisnis tersebut.
Untuk memperoleh pemasukan radio harus dikelola dengan baik dan benar, dengan mengacu pada tujuan-tujuan yang jelas.

KITA LIHAT GAMBAR BERIKUT:
GAMBAR : I
Gambar :I. Menunjukkan bahwa radio merupakan jembatan perantara kita dengan konsumen .
Radio menjual jasa kepada pengiklan untuk mengirimkan pesan mereka, berupa iklan yang diputar.Target pemasang iklan adalah untuk mencapai pendengar dan untuk mencapainya salah satu cara adalah melalui kita.dari gambaran tersebut anda dapat melihat bahwa pola bisnis radio adalah :
Pengiklan menyampaikan pesannya kepada audiens melalui radio dengan harapan,agar pendengar membeli produk-produk yang diiklankan.
Dari uraian tersebut anda sekarang menyadari bahwa produk anda adalah pendengar,kalau stasiun anda mempunyai pendengar dan program anda banyak didengarkan berarti dengan demikian anda dengan sendirinya bisa menjual. Kalau radio andan belum punya pendengar anda harus berusaha menciptakannya dengan menggunakan alat seperti:
  • Pemancar
  • Sinyal
  • Penyiar anda.
Dalam menciptakan Pendengar ada beberapa aspek yang harus diperhatikan gambar:2

 Gambar 2. Perputaran Manajemen Radio
Dari Gambar,2 tersebut menunjukkan bahwa untuk membuat suatu radio, anda perlu suatu Modal. Baik itu dari pemilik atau pihak lain.Modal tersebut untuk membeli peralatan dan membuat program.lalu Teknik dan Program kita kombinasikan untuk menciptakan pendengar.Pendengar dijual oleh bagian pemasaran kepada pengiklan dan kemudian masuk kebagian keuangan untuk dikelola.
Disini kita bisa melihat bahwa sebetulnya kita bukan menjual program tetapi kita menjual pendengar.Program hanyalah untuk meciptakan pendengar.Begitu pula dengan Teknik.Teknik adalah salah satu alat untuk meciptakan pendengar.Kalau salah satu dari komponen tersebut tidak tersedia Kemungkinan apa yang kita hasilkan tidak akan laku.Misalnya peralatan Teknik bagus, tapi programnya jelek maka anda tidak akan bisa menjualnya. Program yang baik diantaranya harus disesuaikan segmen yang kita tuju.
Materi Kuliah ini di sampaikan pada hari Selasa, 23 September 2013 oleh Dosen Pengampu Manajemen Produksi Siaran Radio Bapak Hanif Fahridad. Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com