Hal-Hal yang Menjadi Kunci Sukses di Dunia Kerja

networking, kunci sukses di dunia kerja

Hal-Hal yang Menjadi Kunci Sukses di Dunia Kerja: Mungkin sobat sedang memerlukan informasi mengenai kompetensi apa saja yang dibutuhkan di dunia kerja. Setelah lulus kuliah tentu kita akan beralih kesibukan menggeluti dunia pekerjaan. Dunia kerja jelas berbeda dengan dunia kampus yang saya kira di dalamnya adalah latihan. Latihan organisasi, latihan menagkap materi perkuliahan, latihan menarik simpati, latihan melobi, dan latihan-latihan lainnya. 
Tulisan ini saya dapatkan dari kuliah pagi tadi seorang dosen yang juga berprofesi sebagai manajer di Radio RRI Purwokerto Bapak Hanif Fahridad. Di tengah-tengah perkuliahan, beliau memberikan
motivasi dan nasihat tentang bagaimana dunia kerja itu. Kebetulan mata kuliah kami ada kaitannya dengan dunia kerja, yaitu manajemen siaran radio.

Beliau memaparkan, bahwa setelah lulus, semua bekal ‘latihan’ itu akan diuji dalam kehidupan nyata. Kemampuan kita akan sangat mempengaruhi kesuksesan karir kita nanti di dunia kerja. So, kemampuan apa saja yang menjadi kompetensi di dunia kerja? Ini dia...

1. Kepribadian
Kepribadian sangat menentukan kesuksesan karir seseorang saat kerja nanti. Semakin baik kepribadian seseorang, semakin terbuka kelancaran dalam pekerjaannya. Kepribadian di sini misalnya bicara yang baik dan jujur, bisa dipercaya, menyenangkan, luwes, komunikasinya bagus, solidaritas tinggi (dalam arti tidak suka menjatuhkan orang lain, dan mengutamakan kebaikan bersama) serta peduli terhadap kemajuan perusahaan tempat ia bekerja. Intinya, kepribadian yang baik itu memiliki hati yang baik. Tidak suka curang, dan merugikan orang lain. 

Masih ingat, mengenai hal tersebut Pak Hanif mengatakan, “Jika kamu menyakiti satu orang, maka kamu menyakiti sepuluh orang lainnya dan menutup banyak pintu hati orang lain untukmu”. Maksudnya adalah saat rekan kerja kita misalnya ada 10 orang, dan kamu berbuat curang kepada salah satu diantara mereka, maka yang lainnya akan merasa curiga terhadapmu. Mereka juga enjadi was-was jangan-jangan kamu juga bisa saja suatu saat menghianati mereka. Melihat salah satu teman disakiti, maka teman yang lainnya akan merasa tersakiti juga. So, pintu hati orang lain banyak yang tertutup untukmu. Maka hati-hatilah yaa sobat, jika kamu punya kebiasaan mencurangi orang lain. Saya percaya deh, sobat ngga kaya gituuu..hehe.

2. Intelegensi
Tak bisa dipungkiri lagi bahwa intelegensi itu juga sangat diperlukan dalam dunia kerja nanti. Intelegensi atau kecerdasan, atau bisa juga di sini dimaksudkan sebagi skill , itu sangat mendukung kemajuan sebuah perusahaan atau lembaga. Di stasiun radio, sangat diperlukan kecerdasan berbcara seorang penyiarnya, kemampuan IT para programmernya, dan sebaginya. Di manapun, kecerdasan akan mempengaruhi kemajuan. Negara maju juga bisa kita lihat, dihuni oleh penduduknya yang cerdas-cerdas. Begitu juga perusahaan, jika pengelola dan karyaewannya cerdas, pasti lebih maju. 

Pernah gak sobat amati kemajuan organisasi sekolah sobat? Misalnya OSIS yang memang berperan dalam kehidupan sekolah. Ketika di SMA, tiap generasi biasanya memiliki pencapaian prestasi yang berbeda. Baik dalam setiap kegiatan yang diadakan, ataupun lomba-lomba yang diikuti di luar sekolah. Generasi tahun A, kok bisa meraih piala juara satu sampai 20, generasi B meraih 12 piala, dan generasi C malah hanya dapat 5 piala. Kualitas kegiatan OSIS pun berbeda, ada yang benar-benar produktif, kreatif, dan inovatif. Ada juga yang tidak mengesankan sama sekali di generasi yang lainnya. 

Tahukah sobat kenapa? Itu semua karena kualitas kecerdasan masing-masing individu generasi tersebut. Tak berbeda dengan dunia kerja, individu yang cerdas dan punya keahlian bagus, akan selalu dibutuhkan oleh perusahaan, karena merupakan aset berharga yang mendukung kemajuan. 

3. Kerjasama
Kompetensi ketiga yang dibutuhkan dalam dunia kerja adalah kemampuan kerjasama yang baik. Dunia kerja adalah dunia timwork. Setiap profesi tentu berkaitan dengan profesi lainnya. Atasan memerlkan bawahan, bawahan memerlukan atasan. Semuanya harus bekerjasama dan merasa saling membutuhkan. 

Kerjasama bisa berarti solidaritas, mau bertanggungjawab pada hasil kerja tim, saling mendukung demi tercapainya sebuah target, selalu siap berkomunikasi dengan baik dengan siapapun demi kelancaran informasi antar individu, dan sebaginya. 

4. Kejujuran
Kejujuran memang bagian dari kepribadian. Tapi kejujuran dijadikan terpisah, karena punya peran yang sangat penting dibandingkan unsur kepribadian lainnya. Kejujuran selau menjadi unsur pokok hampir dalam setiap hubungan. Dunia kerja juga merupakan hubungan, karena suatu perusahaan sama dengan organisasi yang menyatukan setiap manusia di dalamnya dalam sebuah hubungan kerja.
Hubungan pacaran bisa putus karena tak adanya kejujuran, pernikahan bisa hancur karena tiada kejujuran pasangan, orang tua bisa kecewa dan sedih jika anaknya suka berbohong, kepercayaan teman bisa hilang karena kita pernah membohongi teman kita. “Tidak ada yang baunya lebih busuk selain bau kebohongan”, begitu kata kakek Mr. Crab di film SpongeBob..

Kejujuran akan menciptakan simpati di hati rekan-rekan kita, membuat orang lain merasa aman bekerjasaa dengan kita. Jadi, biasakan selalu jujur yaa sobat.. karena kebiasaan dapat menjadi kepribadian yang melekat pada diri kita. 

Itu saja beberapa hal yang dibutuhkan di dunia kerja. Semoga bermanfaat yaa sobat... Mungkin tidak hanya empat hal di atas ya sob... Saya kira masih banyak hal lainnya yang dibuthkan untuk membuat karir kita dalam pekerjaan sukses. Jika sobat punya pendapat, silahkan komentari postingan ini yaaa...
See You di Postingan Selanjutnya
Sukses Selalu Yaa, Sobat...

Komentar