Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli: 

Para ahli pemikir memiliki pandangan yang berbeda dalam mendefinisikan filsafat. Beberapa ahli tersebut diantaranya:

1. Plato (427SM - 347SM) yang merupakan filsuf Yunani mendefinisikan Filsafat sebagi berikut: “Filsafat adalah pengetahuan tentang segala yang ada (ilmu pengetahuan yang berminat mencapai kebenaran yang asli).”

2. Aristoteles (384 SM - 322SM) mengatakan: “Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang di dalamnya terkandung ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika (filsafat menyelidiki sebab dan asas segala benda).”

3. Cicero (106 SM - 43SM) politikus dan ahli pidato Romawi, merumuskan: “Filsafat adalah pengetahuan tentang sesuatu yang maha agung dan usaha-usaha untuk mencapainya.”

4. Rene Descrates yaitu "Filsafat merupakan kumpulan segala pengetahuan, dimana Tuhan, alam dan manusia menjadi pokok penyelidikannya."

5. Al-Farabi (wafat 950M), filsuf Muslim terbesar sebelum Ibnu Sina, mengatakan: “Filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang alam maujud dan bertujuan menyelidiki hakikat yang sebenarnya.”

6. Al Kindi, sebagai ahli pikir pertama dalam filsafat Islam yang memberikan pengertian filsafat di kalangan umat Islam membagi filsafat itu dalam tiga lapangan:

a) Ilmu Fisika (al-ilmu al-tabiyyat), merupakan tingkatan terendah;
b) Ilmu Matematika (al-ilmu al-riyadil), tingkatan tengah;
c) Ilmu Ketuhanan (al-ilmu ar-rububiyyat), tingkatan tertinggi.

Referensi