<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- iimrohimah --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:468px;height:60px" data-ad-client="ca-pub-4533907847127524" data-ad-slot="6841261291"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Kamis, 01 November 2012

Ingat Tujuan Bercanda

 
Bercanda menjadi ciri keahlian orang yang pandai bergaul dan disenagi banyak orang. Bahkan di kampus sendiri ada istilah, mereka yang banyak link adalah mereka yang pandai membual dan banyak bohongnya. Padahal, untuk menjadi aktivis yang banyak jaringan, tidak harus mempunyai cara yang menurunkan wibawa sebagai seorang mahasiswa.

Mahasiswa sendiri harus tahu batasan-batasan bercanda yang bisa membuat suasana menjadi cair saat bergaul, baik dengan teman sekelas, seorganisasi, sekomunitas atau bahkan dengan dosen. Sehingga
mereka senang bergaul dengan kita.

Sifat luwes harus diiringi dengan selera humor yang berkualitas dan tahu batasan. Memang batasan berlebihan atau tidaknya suatu humor tidak ada yang pasti. Namun, patokannya adalah lawan bicara. Jika lawan bicara menilai lucu dengan candaan kita maka itu tidak keluar dari jalur.

Karena lucu itu terletak pada aspek “mengundang tawa atau emosi yang bersifat menghibur”. Akan tetapi jika lawan bicara tidak spontan tertawa bahkan butuh waktu lama untuk memahami ucapan kita, maka itu bukan lagi humor. Karena ciri utama humor adalah pada efek spontanitas terhadap lawan bicara.

Untuk menghindari efek yang tidak diinginkan, atau bahkan kejadian yang berbahaya, jangan sampai bercanda berlebihan. Candaan yang dapat membahayakan adalah yang menyinggung masalah SARA, kata-kata kotor, atau menghina fisik seseorang. Karena mahasiswa adalah kaum intelek yang memiliki kesempatan lebih di ranah pendidikan.

Ketika bercanda, mahaisswa harus mencerminkan seorang anak didik yang sudah ‘maha’. Jangan sampai bercanda berlebihan yang tidak sesuai tempat dan porsinya. Oleh karena itu, hendaknya bercanda dalam pergulan mengingat kembali tujuan bercanda itu sendiri, yakni menyegarkan suasana dan menjadi orang yang enak diajak bergaul dan punya banyak teman.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com